4 Model Suzuki Ini Cukup Dipoles Aja Kok, Tidak Perlu Discontinue

4-motor-suzuki-yang-reborn-2017-cover

MotoKARS.com – Sebagai salah satu member dari “big four” raksasa otomotif roda dua asal Jepang, tentu saja kita tidak bisa meragukan kiprah Suzuki di Indonesia. Merek ini memang sudah lama mempunyai pengaruh besar di Indonesia dan mindset “motor kuat” di model Suzuki sangatlah lekat. Hanya saja mereka punya strategi marketing yang paling tidak bisa dipahami sedunia sampai admin sendiri tidak mengerti apa maunya Suzuki di pasar Indonesia.

Dengan adanya Suzuki GSX-R150 dan Suzuki GSX-S150, digadang gadang bahwa inilah era kebangkitan Suzuki di Indonesia. Tapi memang sebelum ini Suzuki kemana saja? Yah gak kemana mana sih lur, cuma banyak produk yang dipangkas oleh Suzuki entah kenapa. Admin sendiri merasa menyimak beberapa pemangkasan line up suzuki memang wajar namun ada juga yang tidak perlu. Nah seandainya 2017 ini Suzuki berniat all out dari Indonesia maka artikel ini sebagai masukan saja dari Suzuki tentang beberapa produk yang tidak perlu disuntik mati, dikembalikan lagi saja namun dengan catatan ada improvment ya….

Suzuki Thunder 125

suzuki-thunder-125-2010-depan-samping

Motor dengan tagline kokoh “The Real Partner” ini sempat booming dan mencuri perhatian para bikers, bagaimana tidak bodi yang kokoh dan besar layaknya Thunder 250. Bahkan beberapa orang lebih familiar dengan kata Tiger Pahe (Paket Hemat). Yup modelnya memang gagah kok pada zamannya, mesin kompak 125 cc yang irit, ditambah lagi harganya yang terjangkau saat itu. Thunder 125 sudah lama di-discontinue karena kompetitor dengan model lebih up-to-date, mesin dengan cc besar apalagi harga Thunder 125 menjadi tidak kompetitif saat ini.

Namun bukan berarti Thunder 125 tidak ada peminatnya, karena hampir motor yang menguasai pasaran saat ini adalah motor dengan desain modern. Admin malah merasa ini peluang yang bagus apabila Thunder 125 kembali dijual dengan model saat ini. Karena semakin banyak orang yang menginginkan motor klasik, apalagi kalau motor ini diset dengan harga miring, rasa-rasanya tetap ada peminatnya kok, hanya saja dengan catatan seperti ini…

suzuki-thunder-125-2014-depan-samping-front-side

Catatan dari Admin :

  • Kaki kaki Thunder harus lebih berisi (velg lebar, ban ukuran depan 80/80 dan 100/80)
  • Speedometer analog tidak apa-apa namun ada sentuhan LCD instrument
  • Mesin harus injeksi dan kapasitas ditingkatkan menjadi 150 cc.
  • Harga di kisaran 17-18 juta

Suzuki Nex

suzuki-nex-110-indonesia-2014-depan-samping

Matic kecil dari Suzuki ini pernah menjadi tulang punggung penjualan Suzuki sebelum posisinya digantikan Address. Modelnya yang kompak dan ringan, ketahanan motor dengan harga super miring menjadi daya tarik masyarakat meminang Nex. Sayangnya orang susah tuk jatuh cinta dengan si mungil ini karena desainnya sendiri memang agak ganjil. Meski begitu Nex mengadopsi beberapa kebaikan dari Honda Beat karbu dimana ‘soul’nya sudah terasa hilang di Beat Injeksi.

Untuk tahun 2017 awal ini dimulai dengan issue bahwa Nex akan segera kembali di line up Suzuki, hanya saja bentuknya seperti apa masih tanda tanya. Apakah masih dalam model sebelumnya atau ganti model baru? Namun admin juga meyakini tetap ada celah pasar yang bisa diisi Nex asalkan dengan catatan seperti ini…

Suzuki-NEX-110-2014-side-cornering

Catatan dari Admin :

  • Kaki kaki Nex harus lebih berisi paling tidak mirip Address (velg lebar, ban ukuran depan 70/80 dan 80/80)
  • Speedometer perpaduan analog – digital
  • Fitur parking brake lock dan side stand switch lebih baik ada
  • Desain sleek sesuaikan selera pasar, lampu depan led akan lebih baik
  • Harga di kisaran 13-15 juta

Suzuki Shogun

suzuki-shogun-125-2008-samping-side

Siapa yang tidak mengenal Suzuki Shogun, sempat menjadi kompetitor ketat dari Honda Supra 125 dan kini kandas entah kemana. Sebenarnya ya wajar saja jikalau kini menghilang karena generasi terakhir dari bebek ini sangat downgrade jika dibandingkan kompetitor. Yup itulah Suzuki Shogun Axelo 125, desainnya saja bisa membuat kita mengernyitkan dahi, apalagi kegantengan SP sudah tidak terlihat di Shogun Axelo 125. Padahal Shogun SP satu-satunya bebek berkopling 125 cc dengan model otentik dan bertenaga 10 hp lebih.

Namun untuk saat ini sepertinya mengusahakan bebek 125 cc menjadi percuma dikarenakan trend bebek memang saat ini menyusut. Bahkan honda yang disebut rajanya bebek memaklumi bahwa produksi bebek mereka anjlok karena digilas matic. Lalu adakah peluang bebek di pasaran Indonesia? masih ada kok, buktinya saja Yamaha MX King dan Honda Supra GTR150. So Shogun bisa saja dihadirkan, cuma dengan catatan seperti ini…

tips-10-motor-bekas-value-terbaik-suzuki-shogun-sp

Catatan dari Admin :

  • Shogun yang ditampilkan hanya SP saja, menggunakan mesin dan sasis Satria F150 Injeksi
  • Citra Shogun SP terdahulu setidaknya tampil pada versi terbaru ini
  • Kaki kaki Shogun harus lebih berisi (velg lebar, ban ukuran depan 100/80 dan 120/80)
  • Speedometer full LCD digital
  • Lampu full LED semua
  • Harga di kisaran 20 juta

Suzuki Skywave / Hayate

suzuki-impulse-125-vietnam-2014-samping-side

Suzuki pernah merasakan manisnya penjualan Skywave pada era 2005 keatas, dengan model yang gagah, ukuran velg 16 inchi dan mesin 125 cc membuat motor ini jadi primadona kaum laki-laki. Namun saat Skywave digantikan Hayate otomatis posisinya turun drastis. Lagi lagi penyakitnya karena desain, bahkan desain Hayate terlihat terbelakang dengan Skywave. Dari tampilan Hayate terkesan sebagai pendahulu Skywave, padahal jelas jelas Hayate penerus Skywave.

Namun melihat trend matic yang bagus saat ini dan matic seperti Yamaha Aerox 155 mempunyai komposisi resep yang mirip dengan Skywave. Apalagi perkembangan matic dengan harga 20 jutaan sepertinya bakal menjadi pusat perhatian. Jadi Skywave atau Hayate nampaknya bisa mengisi celah pasar matic 150 cc Indonesia, cuma dengan catatan seperti ini…

suzuki-skywave-125-indonesia-2008-spesifikasi

Catatan dari Admin :

  • Resep model Skywave / Hayate dihadirkan, mungkin kalau bisa lebih mirip Impulse 125
  • Mesin menggunakan 150 cc injeksi, pendingin air (pakai mesin Satria jadi DOHC bisa gak ya :v )
  • Kaki kaki lebar wajib (opsi velg 14 inchi atau velg 16 inchi)
  • Bagasi muat helm full face
  • Speedometer full LCD digital
  • Fitur : Keyless, Charger HP, Start Stop System, Lampu LED di depan
  • Harga di kisaran 20 juta

Kira kira 4 motor itulah yang nantinya akan menarik jika Suzuki kembali memasarkannya lagi, artikel ini bukanlah bocoran line up Suzuki melainkan hanya sekedar masukan. Semoga saja masukan ini bisa menjadi input bagi Suzuki yang katanya akan jor-joran untuk bertanding kembali di pasar Indonesia. Sedangkan untuk bocoran memang admin pernah mendengar 7 motor Suzuki yang akan masuk di Indonesia tahun 2017 seperti : GSX-R150, GSX-S150, Nex, Hayate, Shogun 150, DR200 dan GSX250R. Sepertinya menarik untuk membahas bocoran ketujuh motor ini di artikel berikutnya dan posisinya di pasaran seperti apa.

So bagaimana menurutmu? ada masukan tambahan lebih baik seperti apa motor Suzuki yang akan keluar mendatang? monggo tuliskan uneg-unegmu disini, siapa tahu dilirik petinggi Suzuki hehe…. (ngarep)

 

  • Shirou Yamigami

    Wew ternyata ada yang berpikir sama Shogun dengan mesin Satria FUFI150 :v

  • Pingback: First Impression Suzuki GSX-S150, Tenaga Bertumbuh dan Easy To Use! - MotoKARS()

  • klikenter

    keempat produk itu bisa disebut garda depan terpenting Suzuki, kalo saya boleh nambahin, usul skydrive sekalian masuk line up, karena image sporty dengan pinggul tipis nan eksotis ala motor eropa yang begitu menggoda, dulu banyak rekan2 kantor beli barengan karena dinilai desainnya lebih sporty, aerodinamis dan long lasting dibanding kompetitor.. akan tetapi perlu upgrade seperti pasokan bahan bakar injeksi, kaki2 lebih kekar, serta penggunaan lampu hemat energi dan ramah lingkungan.