5 Points Mengapa Suzuki Gixxer SF Adalah Uncool Bike

suzuki gixxer sf launching

MotoKARS.com – Berbagai artikel khususnya di dunia otomotif saat ini tengah membicarakan Suzuki Gixxer SF, mulai dari media otomotif sampai blogsphere. Oke banyak pembahasan tentang motor Suzuki India ini dikarenakan Suzuki Indonesia tak ada amunisi menghadapi sport 150 cc saat ini. Selain itu bentuk motor Gixxer SF ini sebenarnya cantik menurut Admin, big tank, cool shape headlamp, donuts rims plus cool MotoGP Livery. Style yang tidak jelek sebenarnya, tapi ada beberapa desain yang cukup blunder di motor ini. So kami nilai Gixxer SF uncool / nggak keren.

Kami mentahbiskan Gixxer SF ini uncool bike karena ada 5 penyebab, berikut admin coba jabarkan :

Setang Baplang di Fairing Bike

Suzuki-Gixxer-SF-17

Jujur admin merasa kecewa dengan penggunaan setang baplang ini, walaupun ada sih genre sport touring bike tapi untuk 250 cc kebawah? mending kalau mau bikin yang seperti ini malah adventure bike lebih banyak diminati. Namun entah ya mungkin negeri India sana menerima model motor seperti ini. Kalo di kita sih gak perlu motor genre beginian lah, wong mau turing pake R15 pun jadi kok hahaha… So nay lah…

Mesin Berpendingin Udara

Capture3

 

Tidak ada sesuatu yang waw di mesin juga, bayangkan saja melihat size dan sirip sirip yang bahkan kita mengenalinya di Megapro, Verza dan Byson, dan ini di motor fairing… Masih mending jikalau ada oil cooler seperti Suzuki Satria FU, Gixxer SF tidak dilengkapi benda tersebut. Okey…. Namun mesin berteknologi SEP [Suzuki Eco Performance] ini berkubikasi 155 cc SOHC 2 Valve dengan raihan tenaga 14.8ps@8000rpm dan torsi 14Nm@6000rpm.

No Truss Frame? No Deltabox? Diamond Frame??

launching suzuki gixxer sf

Jujur admin belum tahu model rangka apa yang Gixxer SF ini gunakan, namun jelas bahwa bukan truss frame seperti 150cc CB – CBR brothers atau Deltabox seperti Vixi – R15 brothers atau Perimeter frame layaknya Pulsar 200NS. Mungkin Diamond frame… Tapi dari segi tampilan diamond frame membuat celah antara tangki dan fairing, cukup annoying menurut admin.

Masih Karburator

suzuki-gixxer-first-ride-m15_560x420

Admin belum tahu regulasi yang diterapkan di India seperti apa, apakah masih Euro 2? Namun bagi kita penggunaan karburator di motor baru terlihat tidak waw. Konsumen akan merasa “fine” jika karburator digunakan motor yang reliable layaknya motor gerobak, ataupun untuk kondisi race seperti Viar Cross X 200 SE. Namun tidak di motor biasa yang penggunaannya harian.

Rem Belakang Teromol

Suzuki-Gixxer-SF-launched-900x600

Ya ini memang agak aneh juga, ternyata motor ini tidak dilengkapi cakram pada bagian belakang. Memang secara efektifitas teromol masih oke performanya namun secara tampilan apakah tidak terasa aneh melihat motor fairing berteromol belakang? Belum masalah durability cakram di jalan yang lebih oke menghilangkan panas gesekan dibanding teromol.

0_0_860_http---172.17.115.180-82-Galleries-20150408104241_gx9

Namun ada sih beberapa part yang plus sih, misalnya di speedometer dia yang fully digital, lalu pemakaian velg dan ban yang gambot. Bayangkan saja ban depan 100/80 dan ban belakang 140/60 itu semua sudah tubeless. Untuk masalah bodi memang selera sih, namun admin tidak menyangkal kalau bodinya tampil keren dan muscle. Oh ya lampu belakang LED-nya juga unik dan terlihat well build.

Denger-denger sih motor ini sedang dipelajari di Suzuki Indonesia mungkin untuk next sport 150cc berikutnya. Kalau basis dan mesinnya mirip FXR dan bodinya ala Gixxer SF oke aja tuh. Namun jangan sampai justru motor seperti ini pleg-pleg masuk ke indonesia dengan menggandeng 5 point diatas. Kalo gini sih apa beda dengan Thunder modif.

92267915_54ffe753e3889

semoga gak kayak gini, gak kayak gini, gak kayak gini….

Monggo komen dan masukannya…. 😀

Source : zigwheels.com, motoroctane.com, indianautosblog.com, olx.co.id

  • Kalau dilihat-lihat emang gak ada yang wah dari motor ini yaaa.. Ayo Suzuki terus berinovasi dong… Slogannya aja Inovasi tiada henti kok… mana…???

    Penggemar RX King silakan masuk: http://www.pricearea.com/artikel/5-Rahasia-Kelebihan-Motor-RX-King-yang-Belum-Diketahui

  • satu lagi min. namanya nggak banget! gixxer, apaan, yakali GSX150FA, desperate banget ato prinsipal jepangnya pada mabok ngasi nama GIXXER wkakwakakakakwak

  • Antonia Ivan Albanthany

    Kalau saya memang agak aneh dengan full fairingnya, lebih bagus yang naked fairing.

  • Agoey Weblog

    namanya juga sport fairing entry level.. berharap apa min..? bandingin dengan R15 dan CBR150 yang berada dikelas High end..? ya gak adil lah… Nih Gixxer lawannya Byson dan Verza…

    • berharap nggak banyak media / blogger memberitakan gixxer sf, kesannya kayak pada berharap mau masukin motor ini aje. kecuali kalo yg “gixxer” aja gapapa 😛