7 Tips Mudik Lebaran Menggunakan Sepeda Motor

Hari Raya Idul Fitri tinggal sebentar lagi, dan seperti yang sudah terjadi dan lazim tiap tahun, mudik menjadi ‘bumbu’ dalam sedapnya kebersamaan dalam suasana yang fitri dan kadang kala mengharukan, bahkan buat yang jomblo karena ditanyain “Kapan menikah” ­čśą

Kendaraan terpopuler dalam acara mudik ini adalah sepeda motor, dan itu gak bisa dipungkiri secara jumlah nya paling banyak, kali ini tim MotoKARS bakal menyajikan 7 tips mudik bagi anda yang menggunakan sepeda motor.

7 Tips Mudik dengan Sepeda Motor di 2016

Mengapa di judulnya ada ‘2016’ nya?? Hmm…. biar kesannya kekinian aja, langsung saja dibaca deh.

1- Jangan lupa Pamit dan Cek Jadwal

zkapal

Pastikan Rumahmu sudah terkunci dengan baik, gas elpiji gak tercolok lagi dan amankan barang-barang berharga, jangan lupa pamitan dengan tetangga, pak RT, satpam komplek dan orang lain sewajarnya saja. Bukan apa-apa, ini akan membuatmu lebih tenang selama perjalanan sehingga konsentrasi gak terpecah selama berkendara

Kan gak lucu kalo lagi di jalan ada suara “Eh, rumah udah dikunci belum ya?”

Bila mudik mendekati hari H, pantau juga liputan arus mudik, cek jadwal kalo mau bersambung dengan transportasi lain seperti kapal laut.

2- Kendaraan Harus Safety

zban

Mudik dengan sepeda motor kali ini harus mengutamakan safety daripada gengsi, kalo kamu masih maksain motor ban cacing buat dipakai mudik hingga 500-an Km itu artinya kamu tidak mempedulikan diri sendiri dan orang lain, faktor resiko nya terlalu besar.

Pastiin ban sudah standar, lampu depan belakang nyala, dua spion dengan visibilitas yang baik, sein, klakson, dan juga pastiin bentuknya beneran motor┬ásudah diservis atau minimal┬áganti oli, tapi itu juga optional, kalo motormu jarang dipakai ya…. terserah

3-┬áMudik lho… mudik, bukan minggat

zmudik

Di 2016 ini, yea… entah kenapa cuaca nya susah sekali diprediksi, kalo mau ngandelin BMKG dan Accuweather pun rujukan masih 50:50, jadi pastikan jas hujan individual disiapkan.

Mengenai barang bawaan, ingat ya… anda cuma mudik, bukan minggat, bawaan sewajarnya saja, apalagi cuma pakai motor, gak perlu lah ditingkat-tingkat di belakang, kalo memang mau bawa barang yang agak banyak, bisa pakai box.

4- Sang Rider harus Prima dan Mengutamakan Keselamatan

zfg

Ada dua opsi pengendara, puasa atau tidak berpuasa, bila memang jauh dan melelahkan maka rider (musafir) boleh tidak berpuasa, Nah, berdasarkan pengalaman tim admin Motokars, makan kurma dan air kelapa muda adalah solusi terbaik untuk mengembalikan stamina, juga bisa menghindari dehidrasi dan meningkatkan fokus, tentu udah pada tau kenapa ­čśë

Motor adalah kendaraan yang didesain untuk dua orang, bila memang mau dipaksa buat 3 hingga 4 orang, misalnya anak-anak, yaa… mau gimana lagi… anaknya juga pakaikan helm dan perlengkapan safety lain, jangan kompromi untuk urusan keselamatan, keluarga nunggu dirumah lho!!

Hal lain yang gak boleh dilakukan selama berkendara adalah ngerokok, ngapain sih nambah penyakit…!!, juga jangan main Hape… yang ini absolut… titik!

5- Hormati Pengguna Jalan lain

z htm

Saat jalanan padet dan stuck, apalagi macet, bawaanya pingin nendang motor lain ala game roadrash jailbreak, cool down bro, semua juga sama… gak ada yang suka macet, coba pola pikir diubah dikit,,, rasakan kebersamaan, itu dulu yang utama. Yang penting adalah disiplin dan taat rambu lalu lintas

Trus gimana kalo pakai sirine + strobo nguing nguing, itu tandanya level arogan kamu cenderung tinggi, berbanding terbalik dengan skill berkendara yang rendah dan gak tau cara nyalip dengan benar.

6- Kalo capek, ngantuk Gimana??

zdfgh

Format mudik touring jarak jauh normalnya adalah 2 jam jalan dan 15 menit istirahat, tentu saja karena waktu 2 jam adalah batas rata-rata bagi otak dan badan menanggung beban konsentrasi berkendara terus menerus, bokong mu panas juga toh?? kasian, dinginin dulu :mrgreen:

Nah, kalo capek, lemes atau ngantuk, caranya bukan minum kopi, obat-obatan atau minuman enerji, solusi dari capek adalah istirahat, rekomendasi bisa di tempat istirahat yang disediakan ATPM sepanjang jalur mudik atau di pom bensin, asal jangan di tengah hutan aja.

7- Touring Bersama lebih enak

z bersama

Berkendara bersama dengan yang satu tujuan lebih enak, selain kebersamaan, lebih aman dan juga menghindari nyasar, memang tidak harus selalu bersama sepanjang perjalanan karena tingkat kecepatan berkendara selalu berbeda.

Untuk menghindari nyasar dan kemacetan bisa menggunakan GPS untuk mencari rute alternatif, Smartphone Android sekarang sudah bisa melakukannya.

—–

Demikian lah 7 tips mudik dari kami, semoga bisa┬ábermanfaat, ini murni dari pengalaman beberapa admin yang dulu juga ikutan mudik, tahun ini beberapa admin disini juga mudik, tapi kali ini pake kereta api soalnya dibayarin, hehe ­čśÇ

Kalo memang dirasa perlu ada yang ditambahi, silahkan tulis pendapatmu di komentar.

Ingat, tetap safety, jauhi ego pribadi, keluarga nunggu dirumah, kalo anda tidak mau selamat dalam berkendara, biarkanlah orang lain yang selamat dari perilaku berkendara anda.

Selamat mudik dan Selamat Hari Raya Idul Fitri ­čśë

@merconc – MotoKARS