7 Tips Ringan Mudik 2017 yang Aman dan Selamat di Jalan

Ada yang sedang mudik? mau mudik atau merencanakan balik dengan kendaraan sendiri, berarti anda adalah pelaku arus mudik / balik yang biasa nongol di TV, liputan ini biasa di jalan raya dengan spot itu-itu aja tiap tahunnya.

Spesial di 2017 ini ada beberapa hal baru yang bisa kami jadikan tips mudik ringan dalam menyongsong libur Idul Fitri 1438H, bersama keluarga dan sahabat.

Sejumlah tips standar seperti kendaraan yang harus fit, pengendara yang juga harus fit, dan berdoa, itu merupakan kewajiban, maka dari itu tim MotoKARS akan memberikan tambahannya saja.

7 Tips Ringan: Mudik 2017 Dengan Kendaraan Pribadi

1 – Rumah Beres, Lapor Kepala Wilayah Setempat, Jangan Update Status

Pastikan Rumah dalam kondisi yang terkunci aman, bila punya CCTV lebih baik pasang, kita juga bisa membuat CCTV menggunakan smartphone Android. Lalu jangan lupa lapor kepala wilayah setempat, siapa tau nanti dapat pengamanan tambahan. Dan tidak perlu update status tentang mudik, mungkin saja hal ini bisa memicu para pengincar rumah.

Hal ini akan membuat kita tenang, setidaknya pikiran menjadi fokus saat mengemudi. Rasanya gak lucu kalo kita kepikiran hal-hal seperti “Pintu belakang udah dikunci belum ya?” atau “Regulator Tabung gas udah dilepas belum ya?”

2 – GPS, Google Maps, CCTV Live itu Sangat Membantu

Pengalaman kami mudik tahun lalu, kami menggunakan Google Maps dengan akurasi tinggi untuk membantu mengetahui situasi dan kondisi jalan, simpel banget misalnya di jalan yang akan kita lalui ada garis merah, itu artinya lalu lintas macet, kuning pertanda padat dan biru berarti lancar.

Pemerintah kini juga menyediakan beberapa Live CCTV untuk memantau persimpangan penting tentang situasi terkini jalan raya.

3 – Pantau Linimasa

Facebook dan Twitter juga menjadi salah satu sarana tercepat dalam mendapatkan info terkini kondisi lalu lintas, tinggal memasukkan kata kunci daerah yang dituju, maka kita bisa mendapatkan beberapa keluhan atau info pengguna lain apabila daerah tersebut macet atau ada pengalihan arus, oke lah bro!! 😀

Tapi ingat!!!! jangan sekali-sekali menggunakan smartphone / gadget saat berkendara.

4 – Mau Lewat Jalan Tol yang Belum Jadi??

Jalan tol yang belum jadi, seperti beberapa di pantura jawa tengah, salatiga hingga di jawa timur sudah bisa dilalui, resikonya berdebu, tanpa penerangan dan tentu saja tingkat bahaya bakal meningkat, sehingga konsentrasi tinggi dan pandangan yang awas sangat diperlukan disini.

Kalo kamu pake motuba, sebaiknya urungkan niat lewat sini, cari aman aja lah :mrgreen: , sedangkan kalo kendaraanmu memang didesain supaya lewat sini, maka ini bisa jadi cara terbaik untuk mempersingkat waktu.

5 – Musafir? Boleh tidak berpuasa

Status sebagai Musafir memberikan keringanan untuk tidak menjalankan puasa Ramadhan, jangan maksa untuk puasa sementara lelah bakal membuat tubuh kehilangan fokus, macet berjam-jam bakal bikin sengsara di jiwa dan raga, maka itu tubuh juga perlu nutrisi.

6 – Istirahat yang Cukup dan Manfaatkan Posko Mudik

Mudik tahun 2017 ini, sejumlah ATPM motor, operator seluler hingga ormas-ormas menyediakan posko mudik dengan fasilitas dan layanan yang memuaskan dan tentu saja gratis. Tidak perlu memforsir stamina dengan berkendara belasan jam non-stop, kita juga perlu rileks sejenak.

Motor disarankan untuk istirahat antara 2 – 3 jam sekali, sedangkan mobil bisa dilakukan dengan 3 – 4 jam, tergantung kondisi gak usah nunggu sampai durasi tersebut, kalo capek ya istirahat saja. Ngantuk adalah musuh utama dalam berkendara aman.

Sampai Indomie aja bikin posko mudik, mungkin bisa dapet makan mie gratis, siapa tau beruntung kalo yang disajikan sama seperti di bungkusnya.

7 – Perbekalan

Mudik di 2017 bukan hanya membawa bekal makanan, sparepart, jas hujan, perlengkapan P3K dan lainnya, tapi siapkan juga “makanan” untuk gadget anda, misalnya powerbank dan juga pulsa. Tapi motor dan mobil keluaran kekinian sih udah punya colokan gadget sendiri, jadi tips ini khusus untuk yang kendaraanya nihil colokan.


Selamat mudik, tetap safety di jalan supaya bisa bertemu sanak saudara dengan suka cita, Selamat Idul Fitri 1438H, mohon maaf lahir dan batin 😉

Tim MotoKARS – @merconc