Apa Aja Hal Menarik Yang Bisa Kamu Temukan Di GIIAS 2015? Ini Dia Guys!

cover-giias-2015

MotoKARS.com – Sudah ada yang ke GIIAS 2015 (Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015)? yang bertempat di ICE (Indonesia Convention Exhibition) BSD Serpong Tangerang Selatan. Dalam ajang yang diselenggarakan pada tanggal 20-30 Agustus 2015 ini terdiri dari beragam hal hal yang unik selama pameran. Walaupun pamerannya sudah lewat dari kemarin sih tapi nggak ada salahnya admin kasih tahu beberapa yang menarik selama di pameran. Let’s Cekidot!

Toyota I-Road, Toyota Alphard Hybrid dan Toyota Mirai

toyota-iroad-alphard-hybrid-toyota-mirai-giias-2015

Inilah segmen future Toyota dipenuhi dengan mobil konsep. Mobil konsep Toyota I-Road… well gak seperti mobil sih, ini lebih mirip kursi roda listrik 3 roda dengan tampilan lebih baik. Toyota menampilkannya sebagai kendaraan komuter masa depan bertenaga listrik. Selain itu ada Alphard Hybrid dengan tenaga setara 3.5 V namun kehematan lebih baik. Melihat lainnya ada Toyota Mirai Fuel Cell Hydrogen yang cukup fenomenal karena mobil ini terbilang positif di amerika serikat. Mobil dengan emisi air tanpa polusi ini hadir di GIIAS 2015.

Toyota Yaris Legian dan Toyota Yaris Heykers

toyota-yaris-legian-giias-2015

Bila pembaca sudah masuk di Hall 10 yang bisa pembaca jumpai kedua konsep Yaris ini. Toyota menghadirkan nuansa berbeda di mobil andalannya untuk orang berjiwa muda. Pertama adalah Toyota Yaris Legian, secara nama mungkin sudah tahu inspirasinya dari mana. Ini adalah mobil yang terinspirasi dari sebuah daerah di Bali yaitu Legian. Tampilannya berupa cabriolet dengan warna yang meriah cerah serta tampil agresif tanpa kumis lele, malah mirip semi-semi grille ala Lexus. Apa bisa ditutup atapnya? sepertinya gak bisa… memang ini yaris “tanpa atap”.

toyota-yaris-heykers-giias-2015

Sedangkan konsep satunya Toyota Yaris Heykers adalah Yaris dengan tampilan crossover, menampilkan sosok jangkung khas crossover yang funky dan tough. Tapi ya lebih kurangnya ini hanyalah Yaris yang ditinggikan, kasih velg berbobot dan body moulding campur warna hijau stabilo. Secara tampilan memang eye catching tapi kok kumis lelenya makin tebel aja.

Honda BR-V Prototype

honda-brv-portotype-giias-2015

Ini yang menjadi pusat perhatian para pemirsa maupun pengunjung GIIAS 2015, sebab Honda akhirnya menggebrak dengan membuat kompetitor bagi Rush Terios. Sepertinya Honda tidak terima kalau Rush Terios melenggang sendirian di kelas “Low SUV” sehingga terciptalah Mobilio X-Over ini. Eits… gak sekedar crossover kayak Livina X-Over loh, mobil ini punya perbedaan di wajah, headlamp, stoplamp, kaki-kaki dan interior yang lebih manusiawi dibanding Mobilio. Bisa dibilang ini Mobilio Refined, dikemas crossover dan dijual lebih mahal sedikit haha… gak papa toh well build.

Toyota Grand New Avanza dan Daihatsu Great New Xenia

toyota-grand-new-avanza-giias-2015

Servis balik dilayangkan Toyota dan Daihatsu dalam rangka melawan dominasi Honda, disini mereka memamerkan Avanza Xenia yang major change. Wajar bila reaksi Toyota Daihatsu begini karena diusik Honda dan Suzuki di LMPV mereka, sehingga mereka jadi totalitas. Well walaupun harganya naik 10-15 juta dari yang lama tapi perubahannnya banyak loh, mesin berubah menjadi 1.3 1NR-FE dan 1.5 2NR-FE dengan Dual VVT-i, interior berubah, penguatan sasis, peredaman disempurnakan, suspensi diset ulang, kualitas bodi ditingkatkan. Jadi oke lah… Walaupun secara tampilan masih fifty-fifty, ada yang suka dan ada yang tidak.

Suzuki Ertiga Facelift

suzuki-ertiga-facelift-giias-2015

Melihat adanya perlawanan sengit dari Toyota Daihatsu dengan meluncurkan Toyota Grand New Avanza dan Daihatsu Great New Xenia maka Suzuki mengambil langkah seribu. Ada Ertiga facelift yang sebenarnya sih sudah terendus lama di India,  secara tampilan ya cuma minor facelift. Tadinya admin agak meng-underestimate langkah Suzuki ini karena up-to-date-nya sedikit namun setelah admin perhatikan ternyata bagus juga ubahannya. Mungkin hanya terlihat tidak fotogenic saja, untuk mobil dengan tambahan 3 juta hasilnya lumayan baik.

Suzuki Ciaz

suzuki-ciaz-giias-2015

Kalau pemirsa mengenal Suzuki Baleno maka sepertinya pemirsa akan kembali terkenang pada sosok satu ini di Suzuki Ciaz. Namanya kok beda? Yah hanya Tuhan dan Suzuki yang tahu haha… Gak deng, Baleno nanti akan dipakai namanya di konsep Suzuki hatchback iK2. Secara tampilan cukup menakjubkan karena Ciaz tampil elegan dan cantik, nggak terasa bantet seperti Vios dan City. Bagian dalam pun tampil elegan dan perihal mesin, Suzuki menggunakan mesin K14B 1.4 liter bawaan Ertiga dan Swift.

Renault Lodgy

renault-lodgy-giias-2015

Nah ini juga cukup waw, karena pabrikan kelas eropa macam perancis saja membuat mobil Low MPV. Well sebenarnya Renault punya divisi mobil murah Dacia asal Rumania yang membuat Duster dan Lodgy. Dari eropa? bakal mahal dong? nggak juga karena seperti Duster, Lodgy adalah mobil rakitan India, harga tentu bisa ditekan. Ancer-ancernya 230 – 260 juta, menariknya ia dibekali mesin┬árenault K9K 1.5 diesel yang banyak dipuji di Eropa karena kebandelannya. Admin sudah pernah masuk ke dalamnya dan menurut admin cukup roomy kok dibanding kompetitor.

5 Kei Car Daihatsu Hijet, Daihatsu Wake, Daihatsu Mira Cocoa, Daihatsu Move dan Daihatsu Copen

daihatsu-wake-hijet-move-giias-2015

Well… admin agak susah kalau harus berbicara 4 mobil dalam satu alinea. Sebenarnya mereka memberikan kita gambaran akan kei car dan gambaran akan LCGC seharusnya sih. Mobil-mobil ini cukup unik karena mereka menawarkan beberapa jenis dengan tipe mesin sama 3-cyl 660 cc turbo 64 hp. Admin pun dapat merasakan betapa worth dan cerdasnya daihatsu mendesain mobil ini karena begitu practically, begitu nyaman, begitu matang konsep rancang bangunnya, dan satu lagi begitu well build. Seperti hijet yang aturannya mobil “gerobak” saja nutup pintunya enak, terasa rapat “bregh!”. Karet dan peredaman ala Kei Car memang jempolan.

Berikut ulasan singkat admin di part 1 ini, masih ada yang lain yang belum kita bahas yaitu beberapa segmen Eropa – Amerika dan segmen komersial bismania. Oh ya IIMS 2015 juga kita liput kok tunggu aja beritanya. Stay tuned guys! sampaikan komen di bawah ini ya!

-Meme Otomotif Indonesia :: MotoKARS.com-