Breaking News : Indonesia Gagal Menyelenggarakan MotoGP 2017?

motogp-2015

MotoKARS.com – Sangat sangat sangat disayangkan berita ini bagi Admin, mungkin ini yang harus menjadi pembelajaran bagi kita semua. Kalaupun benar, kita terpaksa mengubur dalam dalam keinginan kita untuk meyelenggarakan MotoGP pada tahun 2017 di Sentul. Yup pemirsa pasti juga kaget mendengar berita ini, namun mengapa kabar tidak sedap ini berhembus?

Menurut kabar dari media Speedweek.com, Dorna Motor Sport selaku penyelengara MotoGP telah memasukkan Finlandia pada kalender MotoGP 2017. Menurut Dorna, Finlandia memiliki peluang dan kesiapan lebih untuk mempersiapkan MotoGP 2017. Untuk negara tetangga sendiri Thailand baru akan menyelenggarakan pada tahun 2018 dikarenakan Sirkuit Buriram akan digunakan untuk World Superbike pada 2017.

motogp-anime-japan

Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna angkat bicara perihal ini, “Finlandia bekerja sangat profesional, mereka memiliki semua rencana dan dokumen yang telah kita minta, sangat tepat waktu diajukan dan disampaikan.” Pernyataan ini seakan bersifat sarkasme bagi Indonesia, pasalnya untuk mengadakan MotoGP, Dorna meminta syarat : Letter Of Intention (LOI), keputusan presiden dan masterplan. Namun yang baru direalisasikan hanya LOI melalui Menteri Pemuda dan Olahraga.

Di sisi lain Finlandia memang sudah prepare akan balap MotoGP 2017, hal ini seperti yang disampaikan Kari O. Sohlberg selaku ketua Asosiasi Motorsport Finlandia. Sirkuit yang akan dipersiapkan adalah Kymi Motorsport Parks dengan luas 110 km, dan panjang lintasan sekitar 4,8 km. Persyaratan Dorna pun telah mereka penuhi dengan cepat.

Kari-o-Sohlberg

“Balap Formula 1 bukan tujuan utama kami, karena akan banyak biaya yang harus dikeluarkan. Dari pada kami menyelenggarakan F1 dengan biaya besar, lebih baik biaya tersebut untuk menyelenggarakan MotoGP, WSBK, GP2, GP3 atau DTM akan menjadi sempurna bagi kami.” pungkas Kari o Sohlberg.

Yup memang agak miris mendengar hal ini, namun masih ada harapan karena Dorna sendiri belum menyampaikan secara resmi perihal berita tersebut lewat motogp.com. Semoga saja tidak betul-betul terjadi ya… Namun kalaupun benar berita ini sebenarnya Admin pun tidak kaget bila alasannya soal birokrasi. Sebab kita memang gak ada yang bisa ngalahin perihal berbelit-belitnya.