Cuma Suzuki Yang Mengalami Pertumbuhan Positif Penjualan Semester 1, Lainnya Ambruk

MotoKARS.com – Harus diakui tahun ini bisa dibilang paceklik bagi para produsen kendaraan di Indonesia, minat pasar untuk membeli motor sangat rendah seiring dengan pertumbuhan ekonomi tahun ini. Tercatat di semester pertama tahun ini penjualan anjlok hingga 8,85%, hal ini membuat Asosiasi Sepedamotor Indonesia (AISI) nggak ingin muluk muluk menancapkan target besar hingga akhir tahun, cuma 6 juta unit sajah.

Mari kita lihat catatannya, Untuk Honda tercatat membukukan penurunan penjualan sebanyak -7,06%, Untuk Yamaha sekitar -14,52%, Kawasaki berada pada -23,98%, TVS berada pada -33,33%. Sedangkan Suzuki tercatat bahwa penjualan mereka bertumbuh 24,35%. Semester pertama tahun lalu, merek ini hanya berhasil menjual 31.115 unit sedangkan tahun ini mereka bisa menjual 38.690 unit. Sebenarnya tidak terlalu kaget karena respon positif ini penyebabnya ialah GSX-Series, Yohan Yahya, 2W Dept. Head Marketing & Sales PT. SIS pun mengamini hal itu berdampak pada respon positif publik terhadap merek Suzuki.

“Otomatis citra brand Suzuki ikut terdongkrak naik, begitu pula dengan kepercayaan publik terhadap brand maupun tipe-tipe motor Suzuki lainnya. Aktivitas para pemilik Suzuki yang semakin tinggi, turut berperan dalam memviralkan kualitas motor Suzuki,” ujar Yohan kepada KompasOtomotif, Selasa (18/7/2017).

Berbeda dengan Suzuki, TVS sepertinya mengucur keringat dingin sangat banyak dengan penurunan penjualan minus 33,33 % alias hanya terjual 683 unit saja pada semester pertama tahun ini. Penurunan terparah kedua adalah Kawasaki lalu disusul Yamaha dan Honda. Memang pasar saat ini tidak terlalu bergairah, semoga saja untuk kedepannya perekonomian Indonesia bisa lebih baik dibanding saat ini. BTW semangat buat tim Suzuki, keep up the good work, jangan kendor gasnya!

Baca juga artikel yang lain mas bro :