Ditanya Soal Kemungkinan Rival Kawasaki W175, Ini Jawaban Yamaha

MotoKARS.com – Kawasaki sebagai pabrikan yang fokus kepada motor untuk lifestyle memang sudah membuat terobosan baru di Indonesia. Mereka menghadirkan Kawasaki W175, sebuah sport retro yang mungkin nggak bisa dibilang retro sih.

Baca juga : Honda CB150SS Racer, Market Share Honda Klasik Yang Dimakan Thailand

Admin lebih suka menggolongkannya sebagai classic karena teknologi jaman lampau cukup sering admin temukan di motori ini. Bahkan model pengabutannya saja masih mengandalkan karburator, untuk di jaman euro 3 seperti ini.

Dengan masuk kepada kelas yang lebih baru ini artinya Kawasaki sebagai trendsetter membukakan peluang bagi kompetitor untuk ikut bergabung… atau lebih tepatnya mengeroyokinya…

Well media Gridoto.com mencoba untuk mengklarifikasi iseng iseng kepada Yamaha. Sebab selain sudah menjadi lifestyle, model retro sebenarnya sudah banyak menjadi angan angan rider jaman sekarang.

Menurut Deputy GM Marketing PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Eddy Ang memang mengamini bahwa perkembangan motor retro semakin tumbuh. Peminatnya pun ada dan terlihat, bahkan perkembangan ini sudah muncul di Eropa sebelum menular ke Indonesia.

Namun jika melihat model sport pada data AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia), penjualan motor sport 2017 hanya tumbuh 10 persen.

Motor sport itu saja jenisnya ada berbeda beda seperti Sportbike (fairing), Naked bike dan trail, dan dari market share itu mereka hanya tumbuh 10 persen.

“Fairing dan naked paling tiga hingga empat persen. Cafe racer (klasik) pun ada peminatnya, tapi apakah jumlah (pasarnya) cukup untuk dimakan ramai-ramai?,” kata Eddy.

Secara model memang sport retro adalah segmen khusus yang peminatnya tidak masif seperti genre motor umumnya. Hal ini menyebabkan dari Yamaha untuk urung memproduksi jenis retro.

Namun apabila sport retro semakin menonjol, suatu saat nanti Yamaha akan memperhitungkannya. Well jebul waktunya masih lama ya…

Baca juga artikel menarik lainnya mas bro :