Duet Sport Moped Honda Belum Mampu Menaklukkan Seekor MX King

MotoKARS.com – Honda mendapatkan perlawanan serius di segmen yang tidak diduga duga, bagaimana tidak karena segmen ini seharusnya menjadi keahlian sang sayap mengepak. Honda sesuai trademarknya berhasil menjadi raja bebek dengan menggunakan Supra 125nya. Namun untuk pasar sport moped 150 cc, Honda tidak dapat berbuat banyak untuk menaklukkan Yamaha MX King.

Seperti yang diberitahukan Kompas otomotif, rekap penjualan oleh Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) per juni 2017 cukup menarik untuk dilihat. Yamaha dengan MX King 150 cc nya mencatatkan penjualan sebanyak 4.968 unit, hampir 5.000 unit! Sedangkan pada kubu Honda terpecah menjadi 2 bagian yakni Honda Sonic 150 R yang mencetak penjualan 2.192 unit lalu diikuti Honda Supra GTR 150 sebanyak 1.845 unit. Sedangkan untuk Suzuki Satria F150 Injeksi harus puas berada di peeingkat buncit dengan penjualan sebanyak 836 unit.

 

Sehingga apabila kita perbandingkan maka unit penjualan yang diperoleh ‘si kembar tachibana’ dari Honda ini hanya membukukan 4.037 unit. Masih tersisa selisih 931 unit untuk mengejar penjualan Yamaha MX King. Di sisi lain Suzuki Satria F150 Injeksi cukup miris karena penjualannya bahkan tidak sebesar selisih penjualan Honda dan Yamaha di sport moped ini.

Namun masalah ini tidak terjadi baru baru ini saja, apabila kita total dari penjualan jenis motor ini sejak Januari sampai Juni 2016 maka terlihat sport moped menyumbang penjualan 58.445 unit. Lalu apabila dijabarkan maka Yamaha MX King mencetak penjualan pertama dengan total penjualan 30.360 unit. Sedangkan untuk Honda mereka mencetak penjualan 20.529 unit dengan Honda Sonic 150 R sebanyak 14.708 unit dan Honda Supra GTR 150 sebanyak 5.821 unit. Terakhir adalah Suzuki Satria F150 FI dengan mencetak penjualan 7.566 unit.

Admin mencoba menganalisis hal yang terjadi di segmen sport moped. Apabila di kelas ayago sang Sonic mampu menundukkan Satria sebenarnya wajar saja apabila Sonic belum mampu menundukkan MX King. Model bebek lebih disukai seluruh kalangan selain itu tentu saja bebek menawarkan kenyamanan berkendara lebih. Meski begitu kenapa Supra GTR tidak hanya K.O lawan MX King tapi juga K.O melawan Sonic?

Hal ini nampak terlihat dari desain MX King yang terlihat lebih mature setelah New Jupiter MX 135 lawas. Model yang lebih matang dan menyatu lebih mudah ‘dikonsumsi’ mata, sedangkan Supra GTR tidak bisa dibilang mengadopsi gaya Supra 125 ataupun Blade. Modelnya lebih mirip Revo 100 dengan dimensi yang besar, meskipun dilihat dari depan terkesan kecil. Sehingga disini nampak Honda masih meracik ramuan yang pas untuk desain Supra GTR.

Selain itu pengaruh nama juga memberikan dampak yang cukup signifikan. Yamaha MX King sudah bercokol di dunia bebek sport yang dikenal nyaman digunakan. Selain itu penggunaan mesin serupa Vixion yang mudah dioprek membuat motor ini juga cukup menarik untuk dimodifikasi. So apabila ingin membuat perlawanan lebih, nampaknya Honda harus banyak memutar otak untuk mematangkan gaya desainnya Honda Supra GTR 150 agar lebih masuk ke selera masyarakat. Bagaimana menurut pemirsa sekalian, monggo sampaikan pendapat dan masukan juga disini….

Baca juga artikel menarik lainnya mas bro :