First Impression Astra Daihatsu Sigra R 1.2 di GIIAS 2016

astra-daihatsu-sigra-2016-review-depan

MotoKARS.com – Hari ini pada 11 agustus 2016 Daihatsu resmi menjual varian terbaru mereka yaitu Astra Daihatsu Sigra 2016, memang tidak berbeda dengan Toyota Calya sekilas namun boleh untuk dijadikan acuan. Mobil ini dibuat untuk mengisi kekosongan gap harga kendaraan antara LCGC dengan Avanza Xenia dengan harapan dapat menjadi primadona baru sebagai sebuah MPV entry level.

astra-daihatsu-sigra-2016-review-belakang

Sekilas kedua mobil ini memiliki kesamaan konstruksi dengan Datsun Go series. Tapi bila di lihat lebih dekat mereka memiliki perbedaan besar. seperti ground clearance yang dapat di katakan terlihat lebih tinggi dari Datsun, kemudian kualitas bahan, serta cat yang lebih baik dari saudara LCGCnya. Secara tampilan secara sekilas Sigra memiliki rupa seperti hasil kawin silang antara Agya Ayla dengan Avanza Xenia tapi dengan aura LCGC yang kental.

astra-daihatsu-sigra-2016-review-interior-baris-pertama

Bila dibandingkan dengan konsep versi lawas, Daihatsu UFC 3, masih meninggalkan tampilan dari konsep itu walau sedikit. Namun dari tampilan sangat terasa bahwa team desain Daihatsu cukup matang menyuguhkan desain LCGC generasi baru ini. Namun karena Sigra adalah tipe low version dari Cayla maka untuk velg untuk tipe terendah terkesan sangat LCGC dengan velg kaleng hitam di tutup dop. Oh iya, ketebalan bahan besi bahkan lebih baik dari Datsun.

astra-daihatsu-sigra-2016-review-dashboard

Untuk interior Sigra memiliki kemiripan yang sangat mirip dengan Avanza Xenia dari segi bentuk dan riding position yang di berikan, tapi juga sedikit memiliki unsur dari Datsun seperti bentuk kursi semi bucket, bangku model sambung tapi bedanya bagian tengahnya dapat menjadi arm rest serta posisi handbrake ada di tengah agak kebawah.

astra-daihatsu-sigra-2016-review-interior-baris-kedua

Tuas perseneling berada di posisi tengah tinggi seperti Gran Max. Untuk kualitas plastik hampir mirip dengan kebanyakan LCGC tapi Sigla memiliki interior yang lebih lengkap seperti Headunit Double Din, AC dengan 4 percepatan dan pengatur suhu yang jalan, Power Window untuk ke empat jendelanya, Blower fan Belakang, dan bagasi yang lebih luas dibandingkan Datsun bahkan Avanza sekalipun.

astra-daihatsu-sigra-2016-review-blower-fan

Walau memakai mesin dengan kapasitas mirip yaitu 1200 cc berkode 3NR-VE, Sigra menggunakan mesin 4 silinder DOHC Dual VVTi tidak seperti Datsun yang hanya 3 silinder. Jantung mekanis Cayla /Sigra memiliki power 88 hp @ 6000 rpm dan torsi 108 nm @ 4200 rpm, tentu lebih dari cukup untuk melahap medan jalan di Indonesia yang memiliki banyak tanjakan tajam.

astra-daihatsu-sigra-2016-review-mesin

Namun untuk versi low spec juga tersedia mesin 1000 cc dengan tenaga 1KR-VE dengan mesin 1000 cc DOHC VVT-i dengan tenaga 67 hp @ 6000 rpm dan torsi 89 @ 4400 rpm. Yah admin rasa sudah cukupan lah untuk sebuah LCGC 7-seater murah, jangan terlalu berharap lebih saja haha…

astra-daihatsu-sigra-2016-review-bagasi

Dengan harga mulai dari 120 jutaan mobil ini lebih layak daripada Datsun Go untuk di miliki bila melihat dari segi fitur, muatan, dan kualitas. Namun untuk orang yang senang dengan handling ala sedan, Datsun lebih cocok untuk mereka. Saya pribadi menyukai mobil ini lebih dari Avanza Xenia dari segi harga dan kualitas yang di berikan untuk sebuah LCGC.

  • wow bahkan mimin pilih produk astra.. eh karena daihatsu ding ya? wkwkwk