First Impression Suzuki GSX-S150, Tenaga Bertumbuh dan Easy To Use!

2017-review-suzuki-gsx-s150-side-sarp-cobra-red

MotoKARS.com – Pada dua hari yang lalu kami berkesempatan untuk menjajal motor sport naked 150 cc terbaru andalan pabrikan berlambang “S”, ya sebut saja dia adalah GSX-S150. Motor ini memang spesial dipersiapkan untuk diuji ketahanannya dari Jakarta hingga Surabaya dalam menempuh perjalanan sekitar 1500 km. Touring Suzuki GSX-S150 ini bertajuk T4klukkan Ba7asan sesuai dengan tagline Suzuki. Em tulisannya alay? bukan… ini juga dalam rangka perayaan kehadiran Suzuki di Indonesia selama 47 tahun. Jadi acara ini memang cukup istimewa kok gan…

Baca Juga : Suzuki Menguji Ketangguhan GSX-S150 Turing Keliling Jawa, Taklukkan Batasan

2017-review-suzuki-gsx-s150-touring-taklukkan-batasan-yogyakarta

Jadi seperti yang admin bilang, maka motor GSX-S150 ini kami bawa touring jarak jauh di etape kedua dari Baturaden, Purwokerto sampai Madiun Jawa Timur. Transitnya sih berkali kali mulai dari Banjarnegara, Wonosobo, Yogyakarta, Solo hingga goalnya di Madiun. So total sudah 377 km yang kami rasakan dan bila anda penasaran apakah Suzuki GSX-S150 dengan harga Rp.23,9 juta [masa promo sampai Mei 2017] ini layak untuk anda pinang? Monggo saksikan ulasan kami di bawah ini.

Baca Juga : Ini Dia Spesifikasi Yamaha R15 vs Honda CBR150R vs Suzuki GSX-R150!

2017-suzuki-gsx-s150-touring-jawa-taklukkan-batasan

Pertama motor yang kami tes sebenarnya bervariatif, ada yang model standar dan model yang dilengkapi SARP Cobra Product. Yup SARP Cobra adalah produk racing Suzuki khusus untuk GSX-class. Mungkin ada baiknya SARP Cobra akan kita ulas di sesi berikutnya saja. Berbicara soal tampilan bisa dibilang motor ini sebenarnya bukan fotogenik, sehingga kalau admin bilang “GANTENG BANGET” belum tentu pemirsa percaya. Namun sejujurnya kalau harus dilihat secara langsung ya GANTENG aja sodara sodara.

2017-review-suzuki-gsx-s150-side-gold-silver-taklukkan-batasan

Walau belum tentu bisa dicerna semua orang, bisa kami bilang motor ini juga punya paras cantik, yah desainernya Suzuki bisa kami acungi jempol karena sejatinya doi adalah GSX-R150 yang diremake ulang. Tapi kalau dibandingkan dengan Yamaha R15 dan Yamaha Xabre misalnya, ada banyak detail yang berbeda diantara mereka meski basis sama hanya agar elok dipandang. Berbeda untuk kasus Suzuki antara GSX-R dan GSX-S karena perbedaannya tidak bisa dibilang besar sehingga memikirkan desainnya sejak awal tentu harus cermat agar dibuat fairing oke tapi dibuat naked juga oke.

2017-review-suzuki-gsx-s150-headlamp

Bahkan desain lampu depan yang sekilas seperti dipaksakan dari GSX-S ternyata malah elok dipandang saja tuh gan…. Bicara soal headlamp, seperti biasa GSX-S ini menggunakan headlamp LED sedangkan lainnya masih menggunakan bohlam, tapi untuk harga segini masih oke lah… Sedangkan melihat dari samping, tangki kecilnya ditutupi dengan shroud yang besar sehingga kesan gagah tetap terlihat.

2017-review-suzuki-gsx-s150-side-red-taklukkan-batasan

Beberapa detail yang ada di Suzuki ini tidak ada yang bolong, mesinnya pun terlihat padat. Selain itu motor ini hampir minim menggunakan stiker, seolah-olah Suzuki ingin memamerkan kualitas cat yang menurut kami bagus dan menarik untuk dillihat. Bagaimana soal detail motor? seperti motor Suzuki pada umumnya lagi lagi kami dikagetkan dengan kualitas detail motor yang rapi jali, mengejutkan karena saya masih ingat nominal harga motor ini.

2017-review-suzuki-gsx-s150-side-detail-samping

Beralih ke bagian belakang maka sejatinya tidak ada perubahan dibandingkan Suzuki GSX-R150 hanya pada bagian spatbor saja menggunakan yang besar. Oh ya kalau mau terlihat racy, spatbor besar ini bisa dilepas 2 bagian dengan mencopot 3 baut sajah.

2017-review-suzuki-gsx-s150-stoplamp

Velg yang digunakan Suzuki GSX-S150 ini mempunyai motif yang sama dengan Suzuki Satria F150 Injeksi dengan rims yang lebih lebar. Sehingga ban yang berukuran 90/80 di depan dan 130/70 di bagian belakang dapat dipasang dengan baik di motor ini. Penggunaan ban IRC Exato semakin menambah nilai plus dari motor dengan harga dibawah 25 jutaan ini.

2017-review-suzuki-gsx-s150-rims-velg

Sedangkan bila kita mencoba naik motor ini maka kita dapat melihat speedometer yang tidak jauh berbeda dengan yang digunakan Satria dan GSX-R150. Desainnya cukup simpel dan informatif seperti ada speedometer, indikator RPM, bensin, indikator gigi, indikator pindah gigi, jam digital, trip A, trip B, konsumsi BBM sampai interval penggantian oli. Soal egronomi juga nyaman dengan stang lebar, mirip mirip Xabre namun tangki yang fit membuat ruang kaki lebih nyaman. Hanya saja untuk boncenger aksesnya agak sedikit sulit karena buntutnya masih ala-ala sportbike 150 cc.

Sepertinya semua sudah diulas, lalu bagaimana kesan mengemudi di jalan? Well motor ini mempunyai tenaga yang berlimpah, mengingat mesin yang dibawa GSX-S150 ini tidak ada bedanya dengan GSX-R150. Jadi untuk saat ini beranilah kalau admin bilang ini motor naked 150 cc terkencang karena spek mesin 147,3 cc DOHC 4 valve 6-speed ini mempunyai tenaga 18.19 Hp/10,500 rpm dan torsinya 14.0 Nm/9,000 rpm. Sejujurnya merasakan performa dari motor ini admin sempat deja vu dengan Suzuki Satria F150 Injeksi yang pernah kami review di channel youtube KARS TV.

2017-review-suzuki-gsx-s150-engine

Yup tidak beda dengan Satria dengan tenaga yang lebih berlimpah… seiring bertambah tinggi RPM motor ini maka tenaganya juga tidak berasa habis habis. Meski desain knalpotnya beda, suaranya pun mirip mirip dengan ayago gak fu gak lop u itu…. Namun bila dibandingkan dengan GSX-R150, versi GSX-S150 mempunyai settingan suspensi yang lebih moderat sehingga asyik untuk diajak touring seperti ini.

Oh ya berbicara touring, kami sempat mendapati lekukan tajam baik model letter U maupun chicane. Motor ini seakan senang sekali bila diajak melahap tikungan seperti ini, seakan keraguan akan sasis diamond frame yang kecil [suzuki menyebutnya “modern backbone frame”] benar benar hilang. Benefit dari rancangan sasis yang kecil adalah dari segi berat sehingga motor dengan berat total 130 kg ini mudah diajak bermain-main di tikungan. Oh ya hal yang menyenangkan adalah penggunaan ban IRC Exato yang punya grip berlimpah, fun to ride motor ini jadi terasa maksimal.

Mengingat motor ini juga dipegang oleh The Dick, si tukang nyolong motor di KARS TV yang tangannya gak bisa disekolahin ini… Kami kaget saat melihat konsumsi BBM Suzuki GSX-S150 yang dipegang The Dick ini, mencapai 45,9 km/liter pada speedometer. Tester yang lain pun mengamini bila motor ini tergolong cukup hemat untuk dibawa riding meskipun saat touring cukup sering hi-speed.

Overall bagi kami yang cukup sering berakraban dengan motor naked 150 cc dari merek apapun, memegang Suzuki GSX-S150 yang baru ini membuat kami cukup terkejut. Karena motor ini seperti alien dibandingkan motor naked 150 cc yang lain, sangat fun to ride, sangat comfort, sangat bertenaga dan sangat murah…. walau kekurangannya fiturnya minimalis sih, tapi ada harga ada rupa lah…. Dengan warna Suzuki GSX-S150 seperti Mettalic Ice Silver, Stronger Black, Stronger Black Titan Red dan Mettalic Triton Blue [MotoGP], pilihan kami lebih jatuh kepada silver karena elegannya terasa.

suzuki-gsxs150-taklukkan-batasan-turing-keliling-jawa

Kami salut terhadap Suzuki karena sangat all out dalam menghadirkan GSX fam dengan mesin 150 cc ini, ditambah lagi harganya bisa dibilang fit di kantong dengan menawarkan kelebihan yang gak main main. Semoga ini start yang baik untuk Suzuki kembali come back di Indonesia. Bagaimana pendapat pemirsah?

Baca juga yang lainnya :