Honda CB150SS Racer, Market Share Honda Klasik Yang Dimakan Thailand

MotoKARS.com – AP Honda Thailand memang sebelumnya telah memamerkan konsep motor 150 cc nya yang baru pasca motor motor bermesin 150 cc DOHC nya banyak diboyong ke Indonesia. Praktis saat ini Thailand tidak punya barang produksi lokalnya untuk kelas 150 cc. Seperti yang kita tahu bahwa AP honda lebih sibuk buat menggarap line up seperti CRF250 Rally dan line up moge 500 cc. Namun nyata nyatanya mereka tidak kehabisan akal untuk kembali lagi ke kelas 150 cc yang telah ditinggalkan dengan memamerkan Honda 150SS Racer.

Seperti versi konsepnya, versi produksi massal telah terlihat dari beberapa spyshot Honda 150SS Racer. Dari forum Thailand motor ini tampil mencuat ke ranah publik indonesia. Untuk tampilan memang motor ini bisa dibilang versi R Nine T dari CB150R. Which is good for us, hal yang bisa kita lihat adalah mulai dari penampilan yang menggunakan ban tapak lebar, shock depan USD dan kayaknya punya Showa seperti si CBR250RR, model tangki membulat namun melihat ada detail hitam diatasnya nampaknya ini adalah casing plastik tangki alias kondom.

Untuk bagian tempat duduk admin tidak melihat bahwa modelnya menggunakan split seat, memang lebih bagus kalau nyambung sih. Bergeser ke bagian belakang maka kita mendapatkan ekor motor yang pendek, mirip dengan Yamaha Xabre disini. Model lampu depan motor ini mengingatkan kita kepada Honda Grom atau MSX125, agak membulat namun admin sedikit curiga bahwa motor ini sudah full LED di lampu-lampunya. Oh ya menilik ke mesin kayaknya doi nggak pakai sasis trellis deh, terlalu kelihatan banget. Tapi ya sudah bener sih, soalnya trellis ala CB150R di motor retro ya agak konyol bagi admin.

Secara model memang admin rasa motor ini entah kenapa terlihat lebih ganteng dan build qualitynya kayaknya lebih baik, ini subjektif sih. Tapi memang retro bike harus menawarkan seperti itu, biar kelihatan kemewahannya. Coba saja tilik BMW R Nine T yang memang menjual sekali modelnya, atau Ducati Scrambler juga. Admin juga merasa motor ini memang akan dibenturkan ke Yamaha M-Slaz atau dikenal dengan nama Xabre di Indonesia. Secara konsep bentuk memang agak mirip dan sepertinya harga yang dilempar ke pasar Thailand kemungkinan sama-sama berbenturan.

Namun meski kita melihat Honda 150SS sebagai sesuatu yang menarik mata, tapi ini juga agak irony. Pemirsa tentu masih ingat dengan Honda Tiger yang tidak hanya membawa soul touring bike. Motor ini juga dianggap classy dan masuk selera orang Indonesia kebanyakan, lihat saja komunitas CB jadul masih banyak yang punya dan minat. Honda Tiger pun masih bisa kita temukan dengan tampilan yang terawat, sebenarnya ini adalah celah pasar. Padahal Honda Indonesia bisa saja memasukkan motor retro meski tidak sebagai suksesor Honda Tiger, paling tidak hommage dari Honda CB lawas di Indonesia.

Memang sudah banyak yang menyerukan terhadap kehadiran motor retro Honda di Indonesia atau reborn Honda Tiger. Tapi kalau AHM sendiri batasan dia membuat sebuah motor melalui riset, sepertinya kita tidak bisa berharap motor retro Honda terwujud dalam waktu dekat. Wong pada senengnya futuristik kok, yasudah… sampeyan mending beli CB seken sajah dimodif klasik seperti biasanya orang orang…

Baca juga artikel menarik lainnya mas bro :