Honda Siapkan Adventure Sport 250 cc Untuk Menemani CRF250 Rally!

 

honda-cb500x-2017-front-side-view

MotoKARS.com – Bulan Februari mendatang kita akan bersiap kedatangan motor trail adventure terbaru bermerek sayap mengepak. Motor dengan titel Honda CRF250 Rally ini digadang-gadang sebagai motor adventure dengan mesin buas dan daya jelajah tinggi. Wajar memang diklaim seperti itu karena kiprah CRF250 memang tidak bisa dianggap remeh di dunia trail. Meski mesinnya masih 250 cc single silinder namun mesin yang identik dengan CBR250R lawas ini memang dikenal brutal di torsi awal.

Namun bukan motor ini yang sedang Admin bicarakan, sebab memang perlahan tapi pasti gaungnya cukup terdengar bahwa Honda akan menyiapkan adventure sport lain. Namun issue ini semakin santer terdengar ketika media MoreBikes.uk memperlihatkan sebuah gambar paten dari motor adventure yang diyakini bermerek Honda. Model ini akan mengingatkan kita kepada motor adventure Honda yang lama bernama Honda Dominator. Sumber yang lain juga mengatakan bahwa basis riset fisik dari motor adventure 250 cc ini adalah Honda Africa Twin.

Honda-Dominator-adventure-sport-250-patent-sketch

Seperti pada sketsa yang ditunjukkan di atas adalah gambar paten dari Honda adventure sport yang akan menggunakan mesin 250 cc. Pada gambar tersebut terlihat bahwa posisi duduk nyaman yang ditawarkan dan akan ada jok special untuk menambah kenyamanan. Pada bagian kiri dan kanan belakang motor terdapat bracket dudukan pannier dan bracket belakang untuk topbox. Sedangkan menurut bocoran, motor ini akan mendapatkan riding mode yang dapat diaktifkan di kiri setang. Disinyalir mesin 250 cc yang akan digunakan tidak jauh berbeda dengan apa yang ada di CBR250RR baru ini.

honda-crf1000l-africa-twin-2017-white-front-side-view

Motor ini memang didesain untuk kebutuhan pasar Asia sehingga besar kemungkinan project ini diperuntukkan bagi pasar Indonesia pula. Sedangkan untuk pasar Eropa motor ini akan menggunakan mesin 300 cc. Motor yang disebut-sebut akan menggunakan nama “Dominator” kembali ini nantinya akan berhadapan dengan Kawasaki Versys X250, BMW G310GS dan KTM 390 Adventure.

Honda-Dominator-nx650-2001-adventure-sport-side

Dominator sendiri adalah nama yang pernah meramaikan kancah dunia motor adventure. Motor ini pernah eksis pada tahun 1990-an dengan menggunakan mesin 250 cc. Kemudian honda juga pernah mengeluarkan Dominator NX125 dan dilanjutkan dengan Honda Dominator NX650 yang terus eksis hingga tahun 2001. Kemudian Honda tidak memberikan suksesor Dominator hingga 12 tahun sampai pada tahun 2012 Honda meluncurkan CB500X sebagai pengganti Dominator NX650.