Ini 5 Motor Under 250 cc Dengan Value For Money Yang Kurang Baik

motor value for money 01

MotoKARS.com – Indonesia bisa dibilang adalah salah satu negara dengan konsumen otomotif terbanyak di dunia. Yah nggak hanya mobil saja, motor pun juga. Oleh karena itu cukup banyak produsen mobil dari seluruh dunia tertarik kepada negara dengan banyak pulau ini. Nggak mustahil sih, sebab semahal apapun mobil dan motornya minumnya teh bontol sosrok pasti ada saja seseorang yang membelinya. Namun Indonesia walau potential buyernya tinggi di otomotif tapi mereka cukup jeli soal seberapa worth it sih motor-motor yang dijual.

Nah rupanya ada saja motor under 250 cc yang dijual di Indonesia dengan value for money rendah, berikut adalah bahasannya :

Yamaha Jupiter MX150

yamaha jupiter mx150 01

Ingat! yang admin maksud adalah Jupiter MX 150 bukan Jupiter MX King 150 ya… mungkin pembaca ingat bahwa saat launching YMKI mengeluarkan 2 versi Jupiter MX. So apakah Jupiter MX 150 ini berarti versi semi-automatic rotary ala transmisi bebek? ooh tidak… ini tetaplah transmisi manual dengan kopling tangan. So kenapa value for moneynya rendah? Begini… motor ini memang lebih murah 500 ribu dari MX King yang harganya Rp.18.950.000,- [OTR Jakarta], namun perhatikan apa bedanya MX150 dan MX King? yaitu Striping, kaliper dan behel warna hitam, tanpa lampu senja LED di depan, lampu depan non-halogen, lampu sein belakang model old Vixion, jok 1 bahan, speedometer tanpa MID, shock belakang warna hitam polos, dan footstep tidak bisa ditekuk. Kalau perbedaannya cuma 500 ribu, lebih baik beli MX King 150 saja yang sudah full spec dengan speedometer MID yang fiturnya melimpah.

Honda Vario 150 Exclusive

honda vario 150 exclusive 01

Sebenarnya secara overall motor ini bagus dan fiturnya juga sangat melimpah, mesinnya yah… no word-lah kalo 150 cc memang jos, tampilannya juga cukup shocking untuk beberapa orang. Namun bicara soal value for money mungkin agak kebablasan dengan harga Rp.20.050.000,- [OTR Jakarta]. Sebab Vario 125 pun secara bentuk dan fitur tidak terlampau jauh dengan Vario 150 ditawarkan dengan harga yang lebih realistis Rp.17.500.000,- [OTR Jakarta]. Di sisi lain sepertinya kubu Yamaha berniat membuat Nmax versi non-ABS yang harganya akan dekat dengan garis 20 juta. So kita lihat saja perkembangan Vario 150 kedepannya.

Kawasaki KSR Pro

kawasaki ksr110 pro 01

Kawasaki menamai motor ini dengan “Mini Super Sport”, tampilan unik serba bonsai ini adalah strong point dari motor tersebut. Disematkan mesin 110 cc seperti bawaan Kawasaki Edge dengan bore x stroke yang sama, menariknya doi menggunakan kopling manual. Selain itu profil ban yang cukup lebar 100/90 R12 membuat motor ini makin mempesona. Sayangnya harga Rp.22.700.000,- [OTR Jakarta] membuat konsumennya berpikir dan lebih memilih Kawasaki KLX150 dengan postur yang lebih baik dan lebih useful.

Suzuki Thunder 125

suzuki thunder 125 01

Oke sejujurnya admin belum tahu apakah motor ini masih diproduksi atau tidak, namun admin masukkan ke list sebab di website suzuki indonesia masih ditawarkan dan di dealer juga masih ada. Sepertinya kita sudah tahu ya motor ini, dengan beberapa update di sektor bodi yang membuatnya (sedikit) macho. Thanks god tangkinya 15 liter, thanks god mesinnya 125 cc pendingin udara dengan kopling manual sehingga seharusnya irit bbm. Namun doi masih karburator dan dihargai Rp.15.870.000,- (OTR Jakarta). Pasalnya di kelasnya Thunder masih ada TVS Max 125 dengan harga 13 jutaan dan Honda Verza 150 dengan harga 18 jutaan. Beda soal jika Suzuki mau memboyong GS150S sebagai pengganti Thunder sekarang.

Piaggio Liberty RST 100

piaggio liberty rst 100 01

Sebagai produsen skuter terkemuka asal Italia, piaggio group bisa dibilang sudah cukup sukses membangun brand. Bahkan bisa dibilang cukup banyak lini yang dia masukkan, di sport ada Aprilia, di retro ada Vespa dan di matic modern ada Piaggio sendiri. Seperti Liberty sendiri tergolong sebagai matic modern Piaggio dengan style mendekati Vespa, kecantikan ala Vespa namun dikemas low budget menjadi strong point dari Liberty. Namun sayangnya motor yang diproduksi CKD di Vietnam ini berkapasitas 100 cc karburator dan harganya Rp.18.100.000,- (OTR Jakarta), jadi masih agak mikir-mikir juga. Namun kalau memang tertarik akan ke-khas-an tampilannya kenapa tidak, FYI Liberty punya diameter fork depan terbesar di kelasnya, jadi suspensinya lebih moderat.

Overall, ini hanya penilaian berdasarkan value for money semata berdasarkan harga jual motor tersebut. Secara kualitas produk, Admin tidak meragukan kelima produk ini. Mereka sudah punya nama sendiri dan kans tersendiri, so harga belum tentu menjadi tolak ukur terakhir apakah produk ini pantas dibeli atau tidak. Jadi selamat mencari motor yang cocok di hati dan semoga beruntung. 😀

  • Muhammad Akbar Indrayanto

    Thunder masuk juga ya? Secara spek iya sih 16 juta emang mahal. apa boleh buat
    1 itu motor bukan produksi sini.
    2 itu botor besinya ketebelan jadi mahal
    3 itu suzuki :3