Ini 5 Perbedaan Vital Honda All New CBR150R Dibanding Versi Lawas

honda-all-new-cbr-150r-tampilan-di-jalan

MotoKARS.com – Honda All New CBR150R akhirnya baru kemarin dirilis resmi oleh Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Akhirnya kita telah mengetahui beberapa spek yang diberikan plus harga yang akan dibanderol dengan selisih harga rata-rata 2 juta rupiah. Pertanyaannya…. Emang bedanya apa yah? Nah oleh karena ini admin jabarkan 5 perbedaan yang menjawab motor ini bukanlah sekedar “R15 yang dikutuk menjadi CBR” apalagi “vario modip fairing”.

Ulasan singkat bisa dibaca di artikel sebelumnya : Apa Yang Membuat Honda All New CBR150R Menarik?

1. Desain berubah total

honda-cbr150r-generasi

Mungkin kalau dibilang facelift ini lebih ke arah major facelift, dimana perubahannya bisa dibilang cukup banyak. Bila flashback ke versi ke belakangnya model model Honda CBR150R ini memang terlihat kalem tapi pada saat menyentuh versi K45G ini justru malah perubahan desainnya sangat drastis. Modelnya begitu tajam dan garisnya pun tegas, garis rounded hilang dari peredaran bumi. Fairing yang dibuat lebih ceper dan landai dan buntut dibuat split seat dan lebih runcing. Menegaskan revolusi desain dibanding pendahulu dan tidak tertutup kemungkinan generasi CBR-series mempunyai desain sama dengan model ini [Honda CBR250RR punya bahasa desain senada].

2. Fitur makin komplit

fitur-honda-all-new-cbr-150r

honda-all-new-cbr-150r-tampilan-headlamp

Nah masalah fitur memang menjadi issue… dengan nambah 2 juta selain desain dapet apa lagi? Pertama seperti yang admin bahas ada headlamp dengan teknologi LED, lampu sein semua sudah LED, taillamp LED. Selain itu menilik speedometer sudah LCD digital dengan model yang ringkes. Berbeda dengan All New CB150R, di All New CBR150R juga ada fitur pass hi beam. Bagian belakang maka kita menemukan jok split seat ala Moge dan hidden handle grab alias behel tersembunyi di bodi. Model kaki-kaki mengikuti motif All New CBR150R dengan cakram gelombang.

3. Save Electricity, More Power

honda-all-new-cbr-150r-model-banner

Hem sebenarnya ini efek dari mesin dengan pemakaian lampu-lampu LED dan LCD digital… hal simpelnya adalah meringankan beban kelistrikan yang diterima di mesin sehingga putaran mesin motor ini lebih ringan. Efeknya dari putaran tenaga mesin yang ada di area mesin ditransfer ke ban belakang dengan powerloss yang lebih minim. Harusnya bakal lebih akseleratif dan respon mesin lebih sigap.

4. 150 cc DOHC Square Engine

mesin-honda-all-new-cbr-150r

Penasaran dengan apa saja perbaikan mesin ini? sebenarnya mesin ini adalah mesin yang serupa dengan basis Sonic 150R dan All New CB150R. Jadi kesimpulannya, ini adalah mesin square, status overbore sekarang menjadi “mantan” di All New CBR150R. Oleh sebab itu tertulis bore x stroke 57,3 x 57,8 mm, selain itu meski tenaga sama saja namun kita bisa lebih cepat mendapatkannya di putaran mesin yang lebih dekat. Torsi juga berubah dan dapat diperoleh di putaran yang lebih dekat. Busi pun menggunakan model baru, untuk selengkapnya dapat dilihat di tabel bawah berikut ini.

perbandingan-spesifikasi-mesin-honda-all-new-cbr-150r

5. More Light Weight

honda-all-new-cbr-150r-tampilan-samping

Ini juga baru admin temukan pada saat cek n ricek spesifikasi teknis, rupanya bobot dari All New CBR150R [K45G] terpangkas cukup jauh. Untuk versi K45 punya bobot kosong sebesar 143 kg sedangkan versi terbaru K45G punya bobot kosong 135 kg, artinya ada selisih 8 kg… lumayan juga ya. Sedangkan ground clearance versi K45G lebih tinggi 6 mm dan secara dimensi lebih ringkas. Hanya saja untuk kapasitas tangki K45 punya space lebih 13,2 liter dan K45G berkapasitas 12 liter. Untuk selanjutnya bisa lihat tabel.

perbandingan-spesifikasi-dimensi-honda-all-new-cbr-150r

So dengan mempertimbangkan kelima perbedaan tersebut maka perubahan yang didapatkan All New CBR150R memang tergolong besar. Selisih 2 juta terbayarkan dengan beberapa improvment yang sebenarnya sih secara spek ada plusnya… Oh ya denger denger motor ini ready inden awal bulan maret dengan bayar tanda jadi 1.5 juta saja dan bisa mendapat free jaket khusus sampai bulan April 2016. Monggo deh berikan saran, mungkin ada tambahan dan masukan gitu….

Baca juga artikel yang lainnya masbro :