Ini 7 Kendaraan Umum Jadul Yang Mungkin Kalian Baru Tahu Karena Beberapa Sudah Punah

kendaraan umum jadul jaman dulu 01

MotoKARS.com – Kembali lagi pemirsa kita membahas yang jadul jadul… era jaman dahulu memang tidak bisa dilupakan karena nuansanya yang masih khas. Nah admin akan membahas kendaraan jadul di Jakarta yang sebagian masih bertahan namun sebagian sudah tidak ditemui lagi, dalam artian punah. Punahnya kenapa? karena regulasi, karena minat penumpang, karena sudah tidak efisien dan masih banyak lagi. So bagi pemirsa yang masih muda, bolehlah kenalan dengan kendaraan ini, mungkin boleh berharap ada yang seperti ini lagi haha… 😀

Tanpa cang cing cong lagi, berikut adalah beberapa kendaraan umum jadul yang mengingatkan nostalgia :

Bus Tingkat

kendaraan umum jadul jaman dulu 02

Bus tingkat dahulu di Jakarta sempat menjadi fasilitas yang diminati masyarakat, dan patas bus tingkat cukup menarik karena bus ini tidak ada kondekturnya. Jadi bila kita sampai ke tujuan maka siapkan ongkos pas ke supir bus dan di deket supir ada kotak yang bisa dimasukkan. Namun karena supir bus merangkap kondektur jadi supir bus cukup kewalahan saat penumpang memberi ongkos yang lebih sehingga sang supir harus merogoh untuk memberi kembalian. Di tahun 2000 bus tingkat sempat punah namun di tahun 2014 bus tingkat kembali dibangkitkan sebagai bus pariwisata untuk mengelilingi Jakarta Pusat.

kendaraan umum jadul jaman dulu 03

Bemo

kendaraan umum jadul jaman dulu 04

Kendaraan ini sebenarnya mekanismenya tidak berbeda dengan angkot, yang berbeda adalah trayeknya yang tidak sepanjang angkot. Mungkin paling panjang hanyalah 6 km saja. Kendaraan yang menggunakan basis Daihatsu Midget generasi pertama ini mulai terkikis keberadaannya seiring perkembangan zaman. Bila pemirsa ingin mencoba sensasi Bemo, sambangi saja Bendungan Hilir (Benhil) dan Jelambar, Jakarta, kendaraan ini masih eksis.

Oplet

kendaraan umum jadul jaman dulu 06

Ya kendaraan “Si Doel Anak Sekolahan” juga tidak ubahnya dengan angkot sebenarnya, secara dimensi dan rute pun tidak ubahnya dengan angkot. Bisa dibilang oplet adalah angkot generasi pertama mungkin, yang unik adalah ciri khas oplet yaitu kanopinya beratap kayu jati. Mobil yang menggunakan basis Morris Minor Traveller ini sudah jarang terlihat di seputaran Jakarta. Yah maybe next time…

Becak

kendaraan umum jadul jaman dulu 08

Di jaman dahulu Jakarta masih cukup ramai Becak, namun pada tahun 2000-an awal benda ini disingkirkan paksa oleh Pemerintah DKI Jakarta. Opsinya 2 : bila tidak dibuang di luar Jakarta ya dikilo ke pengadah. Wajar mengingat jaman dahulu Becak dianggap sebagai penyebab kemacetan, dan cukup banyak kecelakaan lalin yang disebabkan becak. Namun dulu fungsi becak cukup fleksibel karena bisa mengangkut barang berat namun dapat blusukan ke dalam kampung, nah fungsi becak ini akhirnya digantikan oleh ojek motor, ojek sepeda dan Bajaj.

Helicak

kendaraan umum jadul jaman dulu 09

Ini adalah kendaraan yang cukup jarang didengar, namun bagi pemirsa yang berumur baya pasti mengenal helicak ini. Sejatinya ini adalah becak bermotor dengan menggunakan basis motor Lambretta pada tahun 80-an. Namun kenapa sih dinamakan helicak? jawabannya terdapat pada bentuk yang mirip helikopter. Namun transportasi ini mulai tergusur di tahun 90-an awal.

Bajaj Tiga Roda

kendaraan umum jadul jaman dulu 11

Sebagai taksi tiga roda dari India, Bajaj dikenal sebagai kendaraan dengan mesin bandel dan tahan lama. Wajar sebab basis model dari Bajaj adalah Piaggio Ape dari Italia yang cukup terkenal ketahanannya. Nah bajaj di Indonesia dipilih sebagai pengganti daripada becak, keunggulan becak mengangkut barang namun bisa blusukan juga tercermin di bajaj ini. Sekarang posisi bajaj merah tiga roda dua tak tergeser oleh bajaj biru yang beberapa bisa mengkonsumsi BBG.

?????????????????

Oh ya bajaj biru baru ini memang sempat menggunakan merk Bajaj RE60 kembali, namun kini beberapa orang memilih merk selain Bajaj. Mungkin biar lebih value ya, soalnya Bajaj sendiri pasarannya cukup mahal. Contohnya adalah TVS King 150 yang cukup mirip dengan Bajaj.

Kancil

kendaraan umum jadul jaman dulu 13

Yak kendaraan yang satu ini cukup unik, karena dia adalah kendaraan umum buatan indonesia yang diwacanakan menggantikan bajaj tigaroda bermesin 2 tak. Namun ternyata wacana itu tidak sesuai harapan, mobil kecil dengan singkatan Kendaraan Niaga Cilik Irit Lincah justru makin meredup populasinya dibanding bajaj biru. Entah ada masalah apa, namun melihat dari spesifikasinya sebenarnya mobil ini tidak jelek pemirsa. Mesin 400cc nya saja dibuat oleh Fuji Heavy Industries, at least itu subaru, transmisi model CVT dari Huffco-Comet Amerika, sedangkan bodi fiberglassnya buatan PT.Induro Tangerang. Untuk RnD sendiri sebagian besar dilakukan di Institut Teknologi Bandung.

kendaraan umum jadul jaman dulu 14

Mobil ini dulu memang sempat menjadi perdebatan karena tadinya mobil ini tidak bisa dibeli secara pribadi, hanya khusus menggantikan bajaj tigaroda 2 tak. Jadi bila pemirsa ingin membelinya, silahkan membeli bajaj tigaroda 2 tak dulu baru membeli kancil hehe… Namun dengar-dengar sih katanya sekarang sudah bisa dibeli pribadi.

Inilah beberapa kendaraan yang dahulu sempat mondar mandir di Jakarta dan sekarang hanya sebagian yang bertahan. Apa dulu pemirsa sempat merasakan sensasi menaiki kendaraan-kendaraan ini? 😉

Source : id.wikipedia.org, forum.solusisahabat.com, kompasiana.com