Ini Dia 7 Bocoran Tentang Honda CRF150 Mulai dari Mesin Sampai Waktu Rilis!

2017-honda-crf150-cover

MotoKARS.com – Berbicara soal motor terbaru kalau di Indonesia ini memang tiada habisnya. Rasanya baru kemarin kita menikmati euforia Honda CBR250RR eh sekarang ada lagi Honda CRF150. Harusnya pemirsa juga sudah tidak asing lagi mendengar namanya karena CRF adalah salah satu kode trail honda. Benar pemirsa, ini adalah trail dan bisa dibilang Honda sudah sangat niat untuk ikut mencokot di kelas trail dimana yang ada disana cuman Kawasaki dan Viar saja.

Lalu info apa saja yang kita dapat tentang bocoran dari Honda yang berkode K84A ini? Tentu saja ini hanya sekedar saduran dari beberapa narasumber yang ada di lapangan, belum tentu valid. Namun boleh kita yakini, toh kalau terlalu valid mungkin malah dicurigai sama pabrikan sayap mengepak bukan haha… Lanjut saja berikut adalah bocoran-bocoran yang ada :

Mesin

bocoran-spesifikasi-honda-cb150r-facelift-mesin

Sebelumnya kita pernah tahu apabila motor trail sayap mengepak ini akan menggunakan mesin 150 cc DOHC yang sama dengan yang digunakan oleh CB150R dan CBR150R. Terlihat meyakinkan karena mesin ini memang cukup istimewa untuk diajak sembalap, mesinnya bisa mengeluarkan 16,8 hp @ 9000 RPM dan torsinya 13,7 Nm @ 7000 RPM. Tapi tentu ada yang mengganjal menggunakan mesin ini, karena mesin ini adalah mesin yang mengeluarkan tenaganya pada putaran atas. Walau mungkin bisa diakali tapi tentu saja ini useless…. apalagi kalau medannya memang terjal, powernya minta disiksa, durabilitas menjadi pertanyaan. So mindset para penghobi trail sudah beda dengan yang sering bawa motor di jalan aspal mulus.

2008-honda-megapro-primus-gl160-engine

Jadi mereka lebih menginginkan motor yang mudah oprekable dan durabilitynya juga bagus, plus torsi sudah ada sejak awal. Seperti mesin yang digunakan oleh KLX150 pun simpel banget, cukup SOHC, katup tetap 2, pendingin udara bahkan masih pakai karbu. Untuk Viar Cross bahkan mereka memberikan mesin basic GL saja. Karena kebutuhannya yang mudah dioprek dan bahkan seringkali ada saja owner KLX yang mengganti mesin GL untuk trabasan. So oleh karena itu informasi terakhir yang admin dapatkan menjadi wajar apabila Honda akhirnya menyematkan mesin New Megapro untuk masuk ke dalam CRF150 ini.

2017-honda-new-megapro-verza-injection-engine

Mesin yang mengeluarkan tenaga tenaga 13,2 hp @ 8.500 RPM dan torsi 12,3 Nm @ 6.500 RPM dianggap lebih reasonable untuk digunakan pada medan berat. Mesin yang sudah mengaplikasi teknologi injeksi ini akan mempunyai perubahan di piston, kompresi dan pengapiannya.

Desain

2017-honda-crf150-side-red

Secara desain sebenarnya kita masih sulit untuk berandai andai, tapi yakinlah jika motor trail dan motor ayago mempunyai penyakit tidak bisa tampil dengan desain all out. Mungkin memang penyakit motor yang punya bodi minimalis, tapi ya setidaknya terobati dengan desain striping juga sih. So masalah desain, CRF150 ini diyakini mempunyai nafas yang serupa dengan CRF230. Nah kalau dibilang seperti ini kayaknya cukup mencerahkan untuk melihat penampilan si doi….

Suspensi

2017-kawasaki-klx-150-bf-yellow

Suspensi juga menjadi fokus utama Honda dalam meracik trail 150 cc ini. Memang kalau membandingkannya dengan kompetitor lain seperti Kawasaki KLX150 dan Viar Cross X 200 ES, mereka sudah dibekali dengan shockbreker Up Side Down (USD) di depan dan bahkan untuk Viar Cross X 200 ES sendiri mereka mengaplikasi shock tabung nitrogen di belakang. Bagaimana dengan Honda? Untuk CRF150 ini pada bagian depan juga akan dibekali dengan shock USD yang modelnya mirip mirip dengan yang digunakan Honda CBR250RR. Yes… bahkan disinyalir ukuran USD tidak jauh berbeda kok… kira kira ukuran asnya 37 mm, wah ya besar itu…

2017-honda-crf230-side-suspension

Untuk bagian belakang tentu saja Honda akan menyematkan prolink suspension yang sudah diterapkan di CB maupun CBR 150 cc series. Kedua opsi shock ini sudah menjadi modal yang cukup untuk sejajar dengan kedua merek yang sudah melanglang buana di dunia trail.

Speedometer

2017-speedometer-kawasaki-klx150-bf

Sebenarnya model speedometer ini hanya masalah estetika saja sih di dunia trail, tapi ya tak apa, mari kita bandingkan. Untuk Kawasaki KLX 150 masih menggunakan speedometer model analog dan infonya tidak terlalu banyak. Hanya speedometer plus konsumsi bbm selebihnya indikator kilometer, lampu dim, netral dan sein. Sedangkan pada Viar Cross X 200 ES mereka sudah mengadopsi digital meskipun kelengkapannya tidak jauh berbeda dibanding KLX.

2017-speedometer-honda-beat-street

Untuk CRF150 ini diyakini mereka menggunakan speedometer digital yang serupa dengan yang digunakan oleh Beat Street hanya saja ada kunci kontak di samping kiri speedometer ini. Tapi melihat kelengkapan speedometer Beat Street hanya ditambahkan indikator ECO saja sih… entah indikator ini bakalan ikut di CRF atau tidak.

Kaki kaki

2017-honda-crf-230-rims

Ini juga hal dimana honda tidak mau ketinggalan yakni masalah penggunaan rims, yup dia memang jari jari dan rims yang digunakan kemungkinan alumunium. Model rims ini akan menggunakan 21 inchi pada bagian depan dan 18 inchi pada bagian belakang. Selain itu untuk masalah penggunaan gear, mereka memilih gear belakang ukuran 49, lebih besar dibandingkan KLX yang punya ukuran 47 dan lebih kecil dibandingkan Cross X yang 56.

Bakal ada versi R?

2017-different-type-kawasaki-klx-150

Versi R ini maksudnya imbuhan seperti CB150R dan CBR150R. Jadi kemungkinan akan ada 2 tipe seperti CRF150 dan CRF150R. Lalu apakah arti R ini akan seperti yang dilakukan produk honda di luar negeri, maksudnya lebih bertenaga gitu? Sayangnya sih tidak, penamaan ini hanya seperti tipe saja… Mari kita bandingkan sekali lagi dengan kompetitor, di Kawasaki ada KLX 150 dan KLX 150 BF sedangkan di Viar Cross X ada Cross X 200 GT dan Cross X 200 ES. Jadi kemungkinan CRF150 dan CRF150R ini perbedaannya lebih kepada fitur, entah beda masalah shock USD atau masalah striping doang 😆

Tanggal Rilis

Setelah kita melihat sejumlah fakta menarik tentang CRF150 ini mungkin jadi kepikiran… “Kok banyak amat ya infonya, kayak barangnya udah ready aja nih?” Info terakhir yang admin dapatkan, motor ini posisinya sudah masuk tahap pra-produksi 1 (PP1). Ditambah lagi menurut sumber lainnya, motor ini akan segera dirilis dalam waktu dekat. Ini artinya antara sebelum lebaran atau sesudah lebaran motor ini akan segera muncul di depan publik. Sayangnya perihal masalah harga Honda CRF150 masih menjadi misteri… Tapi setidaknya bersiaplah bagi para pencinta trail apalagi yang ingin move on dari bebek kremes yang pakai basis Supra hingga CS1. Motor yang satu ini bisa jadi favorit anda kok.

Bagaimana pendapat pemirsa, monggo berikan komentar di bawah ini ya!

Baca juga yang lainnya mas bro :