Ini Dia Foto dan Spesifikasi Kawasaki Ninja 250 2018, Bagaimana Menurutmu?

MotoKARS.com – Ninja adalah motor yang banyak dielukan di berbagai dunia… Kalau admin sebut gini mungkin kedengeran lebay, tapi sebenarnya Ninja sudah kencang gaungnya di dunia pada saat film yang dibintangi Tom Cruise bernama Top Gun. Sang bintang saat itu mengendarai motor andalannya yakni Kawasaki Ninja GP900R yang diyakini punya kecepatan setingkat pesawat tempurnya itu.

Baca juga : Ketika Biker Jepang Icip-Icip Kawasaki Ninja KRR150 2 Tak Indonesia

Mulai dari sinilah nama ninja menjadi harum di kalangan para biker luar negeri dan sampai sekarang intensitas ini tidak kunjung turun. Antusiasme bikers terhadap sang supersport dari Kawasaki selalu ada dari tiap tahun. Bagaimana di Indonesia? Gak usah dipertanyakan lah, apalagi semenjak ada sinetron Anak Jalanan membuat motor ini tambah naik levelnya dan terkenal di kalangan normies (awam).

Bahkan di kalangan pecinta lagu koplo pasti ingat lirik “Jarene ra Ninja raoleh dicinta”, yup sebesar itulah antusiasme orang Indonesia terhadap Ninja. Tentu Kawasaki Jepang juga menyadari fenomena ini, oleh karenanya saat Kawasaki Ninja 250 terbaru mulai dirilis kita merasakan banyak bahasa Ninja H2 tercium di Ninja 250. Padahal posisi motor ini di luar negeri ya cuma learner bike, tapi desainnya tetap dibuat totalitas untuk menyerap pasar Asia.

Baca juga : Pokoknya Ninja itu bener-bener Menguasai lah…!!

Lalu inilah Kawasaki Ninja 250 2018 yang telah muncul di Tokyo Motor Show 2017. Seperti yang sudah admin singgung memang sangat kental tercium bau bau H2 di motor ini. Mungkin beberapa dari kita masih merasa ganjil dengan desain baru ini, tapi hey… Memangnya H2 juga cakep cakep banget? Admin rasa ini cuma masalah selera, tapi nama H2 juga sudah harum di berbagai dunia sehingga Ninja 250 lebih tepatnya meminjam kharisma sang H2.

Cuma memang beberapa detail ada yang membuat sakit mata, seperti headlam LEDnya yang menyerupai bentuk airscoop H2. Bentuk Headlamp ini malah jadi mirip dengan Honda Vario atau Honda CBR150R. Tapi kalau pemirsa berpikir beda sih sah sah aja, gak ada yang mgelarang kok…. Berikutnya adalah shockbreker depan yang masih telescopic, untungnya model ini punya dimensi yang besar sehingga masih tertolong. Hal yang masih agak menggangu di mata adalah velgnya yang punya dimensi palang kurus, mirip velg Byson generasi pertama.

Namun lihat hal baiknya, motor ini punya berat 167 kg dimana kalau dibandingkan dengan Ninja 250 yang lama dimana sekitar 172 kg maka ada perbedaan berat 5 kg. Pengurangan bobot ini juga ditunjang dengan performa mesin barunya. Yah masih sama sih 250 cc dual silinder inline DOHC tapi dengan peningkatan tenaga yang cukup signifikan menjadi 39hp @ 12,500rpm ditambah dengan torsinya 23.5 Nm @ 10,000rpm. Selain itu motor ini nampak tidak menggunakan diamond frame seperti dahulu lagi melainkan menggunakan truss frame seperti Honda CBR250RR. Namun untuk swingarm sayangnya Ninja hanya menggunkan model kotak belum swingarm banana alumunium. Uniknya motor ini sudah dilengkapi frame slider yang mana kita tahu umumnya hanya sebagai variasi saja.

Yup sekilas motor ini masih terlihat menjanjikan untuk pasar Indonesia meskipun masih ada beberapa hal yang mengganjal karena pesaingnya terlihat lebih advance. Mungkin seiring dengan perkembangan zaman akan ada pembenahan dari Kawasaki yang membuatnya lebih menjanjikan. Namun apakah model seperti ini tetap bisa diterima masyarakat Indonesia? Sepertinya sih Kawasaki Motor Indonesia sudah mengambil ancang ancang buat motor yang satu ini…. Bagaimana menurut sampeyan?

Baca juga artikel menarik lainnya mas bro :