Inilah 7 Motor Honda yang Paling Gagal di Indonesia

7 Motor Honda gagal

MotoKARS.com – Honda adalah pabrikan yang paling besar di Indonesia, tak ada yang meragukan, dengan pangsa pasar selalu 50% keatas (pernah sih dibawah 50%, tapi cuma beberapa bulan saja), modal yang luar biasa dan pabrik yang menghasilkan hingga 1 motor per 3 detik.

Sejarah Honda juga panjang banget di Indonesia, dari jaman 70 an hingga sekarang, bila anda masih memiliki motor dari tahun 70 an tersebut, berarti anda sudah tua :mrgreen: , Oke, tapi dari sekian banyak itu, tentu ada saja yang gagal, apa aja sih??

Disebut sebagai produk gagal karena gak laku, umur pendek atau tidak sesuai jaman. Ini dia 7 Varian/tipe Motor dari Honda Indonesia yang Gagal berkembang di Indonesia, kami ambil sampel 15 tahun dari hari ini.

1. Honda Kirana

honda kirana

Kirana adalah penerus dan bisa dibilang “Yang terakhir” dari generasi ‘buntut angsa’ nya Honda :mrgreen: , sebagai penerus dari Honda Legenda dan Legenda 2 yang melegenda, mesin 124,9 cc dan power 6,7 kW nya sudah kalah pamor dengan Supra X dan Karisma yang saat itu sudah mulai melenggang bebas, Faktor desain adalah yang harus disalahkan disini.

2. Honda Karisma

Honda Karisma masih “Satu Platform” dengan Kirana sebenernya juga gagal, tunggu dulu!!, bukannya Karisma itu laris ya? ya,,, memang laris, tapi yang laris adalah generasi Karisma X dengan perbaikan bodi sedikit lebih ramping, karena Karisma itu desain depan kecil tapi bodi gendut, maklum lah waktu itu Honda baru ‘belajar’ mengoptimalkan desain sebagai faktor utama orang membeli motor

3. Honda Supra V

“Bebek Aneh” ini kesannya Lucu, tiba-tiba ada bebek pake kopling manual dan menggunakan kick starter, ini salah satu yang pernah saya coba di tahun 2010 lalu. Motor yang dirilis seumuran dengan Kirana dan Karisma ini disebut sebagai ‘Rare Items’ dan mungkin adalah yang tergagal diantara yang gagal.

4. Honda Supra XX

honda supra XX motokars

Satu lagi “Bebek Aneh” dimana motor 100 cc saat itu kalah aksi dan power ama merek tetangga yang sudah asyik dengan 110cc, bahkan mengadakan road race, dan bisa ditebak motor ini juga gagal dalam penjualan, terutama setelah ditelan Supra Fit series yang saat itu begitu laris manis seperti tabung elpiji 3 kg. Ternyata dibalik kesukseskan Supra series saat ini, tersimpan “Cerita Kelam” juga ya, hehe 😥

5. Honda Blade 110 – 1st dan 2nd Generation

Honda Blade, Motor yang dirilis tahun 2008 bulan Desember ini bisa dibilang gagal, Dari generasi pertama tahun 2008-2009 dan Generasi kedua tahun 2010, Desain yang saat itu begitu keren, racy dan sporty namun penjualan setengah hati, kalah ama Absolute Revo series, masyarakat saat itu kesannya ‘kagok’ bila disuguhi desain super sporty dan nyeleneh, Orang Indonesia memang agak susah menerima perubahan.

Sebenernya penjualan Honda Blade generasi 1 dan 2 ini gak buruk-buruk amat kok, namun rasanya dianggap gagal oleh Honda, dan ketika di 2011 saat itu Honda sedang tertekan oleh Yamaha selaku kompetitor terdekatnya, demi menghadang Jupiter Z saat itu, Akhirnya New Honda Blade dirilis kembali dengan desain yang 100% berbeda dan malah mirip Jupiter Z 115

6. Honda CS1

Honda CS1 125: Sebenernya Desain Bagus atau Gagal Sih?? ds

Motor pembela kebenaran ini bisa dibilang motor ter-wagu yang pernah ada, itulah kata beberapa orang awam tentang motor ini, memang secara desain out of the box, dianggap nyeleneh dan berbeda, bentuk tangki di depan tapi bukan tangki, dibilang sport bukan tapi dibilang bebek juga gak pantes, mau nya apa? :mrgreen:

Walaupun begitu, desain karya orang Indonesia ini menurut kami cukup menarik, dan beberapa fitur yang keren, seperti Speedometer full Digital, mesin berbasis Honda Sonic dan juga desain pelek yang keren, tapi apa daya… Desain… Desain…. Desain…!!

7. Honda Revo AT

Revo-AT

Saya juga yakin ini motor jarang banget terdengar, karena selain umurnya sangat sebentar, orang pun udah males meminang terutama karena harga yang mahal diatas 15 juta, desain Motor Bebek 90% Honda Absolute Revo, namun tanpa ‘gear’ alias matic, di 2013 disebutkan peminatnya sudah gak ada sama sekali, gak ada permintaan maka ya sudah, motor dengan nama thailand ‘Wave’ ini hanya bertahan kurang lebih 1 tahun.

Itulah 7 motor tergagal dari Honda di Indonesia, ini dari sudut panjang MotoKARS.com, perbedaan pendapat ya silahkan, kalo memang motor anda disebut diatas ya gak papa, toh 2 admin disini juga punya 2 dari 7 motor gagal diatas, tapi kalo gak terima silahkan lah mengajukan banding, komplain, atau protes ke MA, masak motornya dibilang gagal… ya gak :mrgreen:

MotoKARS.com

  • dandy

    punya revo AT sampai skrng masih dipake ibu… alasannya cuma 1, ibu ane pengen matic tapi ga bisa move on dari motor bebek 😀

  • Reandy Ridwan

    rata rata honda ya yg produk gagal ,, yamaha ada juga kok yamaha lexam tuh gak laku

  • Ilyas Insan Alim

    Kalo nouvo juga gagal gak min ? Tapi kok skrng kgi tenar diburu buat thailook ?

    • Baim Pac

      nouvo kan yamaha gan …

      minum akua dulu deh… :v

      • jupri

        meski nouvo gagal penjualan di indonesia tapi di thailand laku kerasss

  • Ronni Wijayanto

    paling “rare item” tetep honda revo AT.. sampai sekarang belum pernah liat langsung dijalan

    • Muhammad Irfan

      di padang bnyak bro

      • Sandy Gafree

        iya, saya juga pernah liat sekali di padang, dan yg bawa emak-emak.. 😀

  • yoyokefendi1982.wordpress.com

    bukan gagal kang hanya peminatnya kura disini, bebek kan buat kerja, angkutan ribet kalo pake koling (ini nasib supr125 ku)

  • Agoey Weblog

    Tetapi ketika Honda Kirana dan Honda Kharisma berubah jadi Supra X 125.. Penjualannya langsung sukses…

  • Andrianto Nur Anggoro

    CS1 bisa dibilang gagal desain, tapi desain standar pabrik. kalo diliat bentuknya bisa dibilang mini Ducati Multistrada, modif modif dikit bisalah jadi agak mirip. nyatanya juga ada penggemarnya, banyak club motor CS1 juga. btw ane juga rider CS1, tenaganya ga miring2 amat lumayan pernah lari 136kpj bisa ngasepin MX sama Satria yang punya cc diatasnya 😀

  • midun

    Gan ana skarang masih pake kirana yang katanya gagal, tapi koq masih enak, tenaganya bagus

  • dika

    gw pernah liat Revo AT utk yg pertama kalinya…

    dan mungkin yang terakhir kalinya.. :v

  • Imussing Paeng

    eits, gue dari taon 2002 ampe sekarang masih pake supra V….

    • gagal bukan berarti produk tersebut jelek melainkan pemasaran kurang yaitu peminatnya jarang

      karena kebanyakan orang beli motor bebek buat angkutan tapi tetap irit, kalau pakai kopling ribet mas bro

  • Biella Hunter Iriantos

    Apa mesin CS1 berbasis Sonic ? Bukannya CS1 mesinya 125cc SOHC 4V … sedang Sonic lama CBU Thailand udah 125cc DOHC 4V dan yang masuk gagal lagi Honda WIN

    • Upat Supratman

      WIN tu tetap moncreng ampe skrg..wkwk

    • Markun Duro

      Lhoo..HONDA WIN tu ngetop banget.
      Kendaraan dinasnya pegawai ‘bank titil’ (Bank Kredit) kata orang jawa.

    • basis engine, bukan kop silinder

      gampangnya, kop silinder sonic dohc dipasang di cs1 langsung plug and play, hahahahaha

      kalau honda win, jangan disamain dengan tahun yang lebih muda, kenapa tidak banyak dipasaran karena jaman dulu orang yang bisa beli motor adalah orang yang duitnya banyak, honda win sebenarnya malah paling panjang sejarah produksinya, yaitu dari tahun 1984 sampai tahun 2005, tapi di tahun 2000 keatas kalah sama gl series dan supra series mas bro

  • Pingback: 7 Alasan Kamu Harus Nonton Bakuon!! [Review Anime] | MotoKARS()

  • gagal dalam penjualan = sedikit peminat = limited edition
    hahahahaha