Inilah 7 Motor Suzuki Indonesia yang Mungkin Kamu Gak Tau

Yang kita bahas kali ini adalah Suzuki, brand yang biasanya selalu dinomertigakan setelah Honda dan Yamaha di belahan dunia manapun, termasuk di Indonesia.

Suzuki mengalami masa kejayaan di Indonesia sekitar awal tahun 2000 an saat masih sangat populer dengan Shogun, lalu kejayaan dilanjutkan kepada Satria di tahun 2005 – 2006, bertandem dengan Shogun 125 yang saat itu termasuk yang terbaik di kelasnya.

Inilah 7 Motor Suzuki Indonesia yang Mungkin Kamu Gak Tau 1

Namun ada juga Motor Suzuki yang layu sebelum berkembang, mungkin disebut sebagai motor gagal. Arti gagal disini bukan pada produknya, tapi pada penjualan yang membuat produk tersebut di shutdown sebelum waktunya, karena sebelum waktunya maka yang beredar sangat sedikit sehingga banyak masyarakat yang tidak tau.

Disini mimin sebagai ‘tokoh’ yang lahir awal 90-an mencoba merangkum motor-motor yang mungkin saja pemirsa tidak pernah tau kalo motor tersebut benar-benar ada, dari Suzuki Indonesia.

Penyebab mengapa orang tidak tau tentang sebuah varian produk diantaranya adalah: Penjualan yang terlalu sedikit, peredaran yang tidak merata dan tidak ada promosi yang baik.

7 Motor Suzuki yang kamu bisa jadi gak tau

1. Suzuki Tornado GX

7 Motor Suzuki yang kamu bisa jadi gak tau d

Motor tahun 94-an yang kalah populer dibanding kakaknya yakni Tornado GS sebagai pengganti Suzuki Crystal, motor ini termasuk punya desain yang paling keren di jamannya, tapi mungkin masyarakat waktu itu masih belum bisa move-on dari model buntut angsa khas seri Astrea yang melegenda.

Mungkin salah satu penyebabnya adalah karena mesin Suzuki Tornado GX masih 100cc.

2. Suzuki FXR 150

Motor semprot Suzuki berfairing. Teknologi, spesifikasi dan desain Suzuki FXR 150 waktu itu disebut mendahului jamannya. Motor ini hadir di Indonesia sekitar tahun 2000 dengan jumlah yang sedikit, konon cuma ada 1500 saja yang beredar di Indonesia, sekaligus membuat eksistensinya begitu minimal.

3. Suzuki RK-Cool 110

Motor yang juga bikinan Thailand yang dimasukkan ke Indonesia secara CBU oleh Suzuki pada 2002 an, populasi Suzuki RK-Cool 110 sangat sedikit dan sampai sekarang menjadi terlalu sedikit.

Desainnya bertipe ayam jago yang waktu itu kurang diterima masyarakat, tahun 2004 dihilangkan dan konon katanya (Katanya lho!!) di 2005, desain ini di-fusion / jogress dengan mesin FXR untuk di 2005 menjelma menjadi Suzuki Satria 150cc yang menjadi motor terbaik Suzuki Indonesia sampai sekarang.

4. Suzuki Arashi 125

suzuki-arashi-125

Ni dia motor aneh, bebek tapi dibekali lampu bego 😆 ketika stangnya belok.. ehh… lampunya gak belok, hehe. Suzuki Arashi pertama eksis pada akhir 2005, saat itu desainnya lutju tapi keren dan unik (bingung??), begini… lampu utama di tebeng dengan bentuk seperti headlamp GSX-R, tapi lampu sein malah di stang :mrgreen:

Walaupun selain desain headlamp, semuanya sih oke saja… tapi ya gitu deh. Orang lebih milih motor berdesain mainstream seperti Shogun 125, Supra 125 dan Karisma 125. Hingga akhirnya di 2008 motor ini tutup usia…

Tapi di Desember 2008 lahirlah Honda Blade dengan lampu yang gak kalah bego nya,,, dengan headlamp dan stang di tebeng depan, tapi anehnya walau cuma 110 cc bisa kejual 20 ribu unit sebulan di Indonesia, bagai langit dan bumi.

5. Special Edition: Suzuki Axelo 125 dan Suzuki Skydrive 125

axelo se 125 2013skydrive-special

Suzuki Skydrive Special Edition hadir pada pertengahan 2012 lalu, sedangkan Suzuki Shogun Axelo Special Edition dirilis lebih lama lagi, yakni pada pertengahan 2013 lalu. Meskipun keduanya adalah edisi spesial, tapi keduanya punya kesalahan yang sama,,, yakni keduanya bukanlah Satria.

Entah kapan Skydrive SE ini menghilang dari peredaran, karena kami tidak memantaunya. Sedangkan Axelo SE sudah dilupakan saat menginjak pertengahan 2014.

6. Suzuki Lets

lets

Suzuki Lets dirilis pada akhir 2012 lalu dan telat… motor ini dirilis disaat masa-masa booming skutik retro sudah usai, disaat masa spike genre retro sudah berakhir. Bertempur di segmen yang kecil mengandalkan desain original memang penuh pertaruhan, dan harus diakui kalo Let’s lebih susah diterima masyarakat.

Yeah, masih mending sih kalo Let’s, untung aja Suzuki Indonesia tidak mengambil desain Suzuki Jelato yang bentuknya rada-rada vulgar :mrgreen: . Akhirnya setelah berumur 1,5 tahun, jelang pertengahan 2014 lalu sudah dipastikan menghilang dari peredaran.

7. Suzuki Satria F115 Young Star

Suzuki satria F115 Young Star otomercon (3)

Suzuki Satria F115 Young Star ini dirilis pada Mei 2015 dengan terlalu banyak sindiran dan nyinyiran, meski menuai lumayan sukses di Filipina, bukan jaminan di Indonesia juga… motor ini lebih banyak dibully tanpa harus memperhatikan aspek performa, masalahnya adalah pada desain.

Nah, Kecuali kamu masokis yang demen ama kata-kata cercaan, kamu harus berpikir lebih rasional tentang gengsi, klan Satria itu tangguh dan ‘cowok banget’, Sebaiknya Suzuki harus memperhatikan bagaimana pengguna Satria memperlakukan tunggangannya.

Akhirnya setelah setahun tepat, motor ini sudah didiscontinue dan mimin cuma melihat sekali saja, itupun di dealer.


Hmm… gimana ya? sebenernya tim admin disini bukanlah analis marketing atau sales sakit hati. Cuma rider biasa yang tau bagaimana pandangan orang-orang tentang sebuah sepeda motor. Mengenai strategi pemasaran dan promosi, itu adalah tugas ATPM dalam mempromosikan produk.

Saat tulisan ini diketik, Suzuki cuma memiliki dua produk yang dijual dengan harga dibawah 25 Juta, yakni Address dan Satria, dan empat lainnya adalah big bike.

Semenjak 2010 entah kenapa tidak ada produk baru Suzuki yang menonjol (Selain Address), seolah dihadirkan hanya untuk dua pilihan, yaitu gagal atau gagal banget.

Kita berharap semoga Suzuki bisa bangkit lagi, karena ujung-ujungnya yang diuntungkan adalah konsumen 😉

Motokars – @merconc – Sumber gambar: 1 , 2 , 3

  • Rizaldi Dwi Bawonoyudo

    GSF-250V nya ga sekalian di masukin om?
    itu motor limited edition di Indonesia, cuman 80 motor, terus bablas ga ada kabar, 250cc inline 4cyl, suara dan tenaga jangan dibandingin sama motor 250cc jaman sekarang, karena suzuki kalo ngeluarin motor pasti kecepetean di zamannya :v

  • Rizky Senja

    inazuma juga jarang keliatan