Isu Kawasaki Estrella 175cc Santer Terdengar, Penyuka Klasik Siap Siap

MotoKARS.com – Seriously dari semua jenis kelas motor yang ada di Indonesia, sejujurnya tidak ada yang seaneh dan selengkap motor 150 cc. Bahkan untuk orang luar negeri akan melihat negara kita punya banyak jenis motor untuk kelas yang kapasitas mesinnya sak uprit aja. Yup jenis di kelas ini gak main main, umpama mirip jenis motor yang mengisi kelas moge 1000 cc. Yoi, di kelas 150 cc kamu bisa menemukan bebek, ayam jago, naked, cruiser, sport, trail, matic sport, matic biasa, matic retro sampai matic cruiser… Yang belum terisi di kelas ini adalah adventure dan classic bike.

Untuk masalah adventure, belum banyak pabrikan yang ingin bermain di kelas ini, hal ini wajar mengingat perbedaan adventure dan naked cukup besar. Apalagi dikhawatirkan pertumbuhan adv 150cc akan menggerus pasar naked, bila prediksi pertama terjadi itu artinya adventure bakal jadi trouble maker di line up 150 cc mereka sendiri. So bagaimana dengan classic bike, well sebenarnya justru ini pasar yang terlihat menjanjikan. Hal pertama pasarnya ada dan segmented, kedua spesifikasi mesin tidak perlu menonjol, pakai pendingin udara cukup, ketiga modelnya comfy untuk dikendarai jauh, keempat adalah bonus yaitu punya heritage yang tinggi.

Sebenarnya kalau mau Honda bisa memaksimalkan pasar ini, bisa pemirsa ingat dengan yang namanya Honda CB100 lawas? Pengguna CB blar blar ini masih banyak dan sangat heroik, tentu nampak menjanjikan jika Honda mau membawa spiritual successor motor ini. Lha kok ngomongin Honda to… padahal sangat sangat tidak mungkin dalam waktu dekat mengeluarkan classic bike. Jadi kita ngobrol yang pasti pasti aja, masih ingat Kawasaki Estrella 250 kan? Motor ini adalah spiritual successor dari Kawasaki W-series dengan mesin kecil. Sayangnya W-series Kawasaki nggak setenar CB-series, S-series dan Benly-nya Honda.

Jadi jadi…. Kawasaki melihat peluang pasar ini, singkat kata mereka ingin membawa model W-series untuk pasar gemuk. Secara tampilan seharusnya Kawasaki tidak akan mengutak atik terlalu jauh dengan Estrella 250, yang jelas tampilannya sudah pasti classic bling bling, tidak sekedar retro. Selain itu untuk perkara mesin mungkin masih debatable karena bisa saja mereka membuat mesin baru lagi, bisa juga ambil basis dari KLX 150.

Namun yang menarik adalah mesin KLX 150 memang tenaganya tidak terlalu buas, tercatat punya outputĀ 11.53 HP @8000 Rpm dan torsiĀ 11.3 N.m @6500 Rpm. Memang wajar, bahkan Estrella 250 yang mempunyai mesin berpendingin udara itu saja hanya mengeluarkan tenaga 18 hp saja. Wajar karena retro dan classic memang jualannya bukan di performa, hanya style dan comfy saja. Meski begitu pandangan Kawasaki sendiri nampaknya menilai motor ini kurang buas. Sehingga diputuskan kapasitas mesin diperbesar 175 cc, mungkin harapannya tenaganya bisa lebih masuk di akal.

Terakhir adalah motor ini diwacanakan akan hadir dengan posisi harga yang bersahabat. So bagi pemirsa yang membutuhkan motor hanya sekedar tampilan asyik klasik, comfy di jalanan, mencerminkan gaya hidup, harga terjangkau. Oke silahkan tunggu kawasaki dan lupakan menunggu Honda, tapi kalau ekonomi berkata lain akan lebih bijak beli CB lawas atau GL series dimodif ala CB. Bagaimana pendapatmu monggo utarakan di bawah ini.

Baca juga artikel menarik lainnya mas bro :