Kemenhub Bakal Persiapkan Lomba Bus Telolet, Langkah Mendukung Kreatifitas

bus-shd-indonesia-2017

MotoKARS.com – Booming bus telolet sekarang memang meredup tidak seperti sebulan yang lalu, dimana banyak sekali orang orang yang turun ke jalan hanya untuk minta orkestra gratis dari Bus tersebut. Memang patut admin akui suara klakson para bus-bus itu memang aduhai. Namun sudah ada keputusan dari Kemenhub dan Polisi bahwa fenomena “om telolet om” di jalan raya adalah berbahaya. Kedua lembaga pemerintah ini sudah memberi larangan untuk menyalakan klakson untuk “om telolet om” karena selain polusi suara juga menggangu kelancaran lalu lintas serta membahayakan.

Sebenarnya sayang karena om telolet om sendiri sudah menjadi ciri khas Indonesia dan banyak artis luar negeri mengenal fenomena ini. Bahkan beberapa DJ seperti Firebeatz dan Marshmallow sendiri mengabadikan klakson telolet ke dalam sebuah lagu. Tapi bisa dipahami masalah bahayanya karena kalau kita cari videonya om telolet om, para telolet hunter yang notabene anak kecil itu acap kali melakukan tindakan berbahaya. Inilah yang terkadang jadi miris.

dj-marshmallow-buat-lagu-om-telolet-om-bismania

Rupanya Kemenhub sendiri peka dengan masalah ini, sehingga pada akhirnya mereka memutuskan untuk membuat lomba bus telolet. Lomba ini akan menjadi ajang sosialisasi soal klakson dan aturannya, sehingga diharapkan warga, terutama anak kecil, tak lagi berkumpul di pinggir jalan dengan risiko membahayakan dirinya sendiri, demi meminta pengemudi bus membunyikan klakson. Lomba ini sekaligus menjadi kreativitas dari para angkutan bus tersebut yang tidak ingin disia-siakan oleh pemerintah.

“Lomba ‘Om Telolet Om’ sedang kami lakukan. Artinya, persiapan-persiapan lomba itu kan harus matang karena nggak ada itu istilah-istilah seremonial. Segala sesuatu harus dipersiapkan, nanti ada maksud dan tujuannya. Jadi tidak hanya sekadar ‘Itu apa maksud dan tujuannya?’,” demikian jawab Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto saat ditanya tentang rencana lomba bus telolet.

mbak-mbak-manis-idola-om-telolet-om

Ditambahkan lagi oleh Pudji Hartanto bahwa nantinya ada mekanisme telolet sendiri yang diatur juga seperti dibunyikan di terminal pada saat datang atau pada saat berangkat seperti contohnya membunyikan telolet sebanyak tiga kali selayaknya kereta api akan berangkat. Sedangkan untuk lomba bus telolet pun akan dipersiapkan Kemenhub tiga minggu lagi.

Sementara Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi turut mengomentari soal fenomena telolet ini. Menurutnya fenomena ini sebenarnya ajang yang bagus dan baik. Hanya saja perlu diarahkan ke wadah yang benar agar penggunaan klakson juga tidak salah tempat.

suasana-pencari-telolet-hunter-di-tepi-jalan-pantura-bus-akap

“Kalau itu diparkir ya bagus sekali. Bahkan suatu waktu nanti kita buat kontes ‘bus telolet’. Karena itu kreativitas, jadi bukan larangan itu enggak boleh. Jangan di jalan raya karena itu bahaya. Bukan tidak boleh,” kata Budi Karya di Halaman Silang Monas Sisi Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (22/12/2016).

Nah untung kreativitas orang indonesia yang satu ini tidak benar-benar dimatikan, sudah seharusnya peluang seperti om telolet om dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pemerintah. So buat kamu yang telolet hunter sempat kecewa dengan sebulan terakhir ini, monggo dipuaskan saat Lomba telolet akbar ini, bagaimana menurutmu?

sumber : detik.com