Komparasi Yamaha Lexi 125 VVA vs Honda Vario 125, Bakal Panas!

 

MotoKARS.com – Baru saja tadi siang ramai betul tentang Launching dari Yamaha Lexi 125 VVA. Wajar motor ini jadi magnet dan fenomena di dunia maya karena rancang bangun motor ini jelas sekali dari NMax dan harganya yang miring itu loh. Bener bener berhadapan dengan Honda Vario 125 yang dari dulu belum bisa tersentuh oleh Yamaha sekalipun.

Baca juga : Menilik Fitur-Fitur Yamaha Lexi 125, Paket Lengkap dan Harga Kurang 20 Jutaan

Tadi memang sudah admin tegaskan bahwa segmen peredaran skutik di pasar Indonesia bisa sampai sekitar 80%. Ini artinya pasarnya sangat menggiurkan apalagi kalau lihat peringkat skutik laris saat ini masih didominasi oleh matic Honda.

Yamaha yang sedari awal sudah memicu kelas skutik dulunya pasti ada kerinduan untuk kembali berjaya seperti dahulu kala. Namun memang gak bisa dipungkiri masuk segmen skutik ini harus out of the box dan totalitas.

Inovasi adalah salah satu kuncinya, oleh karena itulah Yanaha menghadirkan Lexi 125 sebagai salah satu inovasi di kelas skutik middle karena grand design motor ini emang tidak biasa dibanding skutik umumnya.

So karena sebagian besar data sudah bisa kita peroleh mungkin gaada salahnya kalau admin bikin komparasi kecil kecilan. Ceritanya head to head antara Yamaha Lexi 125 VVA vs Honda Vario 125, yuk kita cekidot sajaa….

Desain

Sebagai skutik middle memang desain dari Yamaha Lexi 125 VVA ini sangat out of the box. Karena Yamaha mencoba menghadirkan posisi berkendara santaibala big skutik di matic 20 jutaan ke bawah.

Sejatinya secara desain emang kelihatan maksa karena malah seperti Mio modif visor PCX atau you name it lah… Tapi disini bisa kelihatan kok body position ala NMax juga kecium di Lexi, foot rest juga ada meskipun sedikit, kaki sampean bakal agak nongol keluar.

Lain halnya dengan Honda Vario, model ini punya resep lama skutik umumnya. Secara konsep mungkin akan terkesan jadul, namun karena garis desain motor ini terlihat lebih matang, sehingga makin easy looking.

Tidak sulit untuk mencerna desain Vario, modif sedikit pun motor ini mudah ganteng. Apalagi garis sudutnya sangat agresif seperti motor konsep.

Apabila mencari persamaan diantara mereka berdua maka mereka menawarkan dek tengah yang luas. Sama sama bisa menaruh galon atau beras atau apapun lah di tengah dek.

Selain itu bagasi juga besar meskipun kita belum tahu volume total Lexi, nampaknya bisa helm in juga. Lexi dan Vario juga sok belakang sama sama single. Ukuran ban nampaknya Lexi dan Vario hampir sama, bahkan remnya pun sama sama rem depan cakram rem belakang tromol.

Fitur

Nah untuk fitur Yamaha Lexi 125 VVA, pertama dia menawarkan lampu headlamp LED, cuma untuk stoplamp dan lampu sein masih bohlam. Lalu bergeser ke dek Lexi sudah dibekali speedometer LCD negatif yang lengkap.

Di setang sudah ada Start Stop System yang akan mengefisiensikan penggunaan BBM serta lampu hazard. Turun ke bawah maka akan ada keyless entry seperti Aerox S dan charging port untuk mengecas hp. Ada kantong kecil di samping charging port dan hook untuk membawa belanjaan.

Bicara masalah keamanan maka si Lexi ini sudah ada yang namanya side stand switch, fitur yang penting biar aman saat berkendara. Selain itu ada parking lock yang berada di tuas kiri motor, makin aman pada saat berhenti di jalan miring.

Untuk Honda Vario lampu headlampnya juga sudah LED hanya saja stoplamp dan lampu sein masih bohlam. Berlanjut ke bagian dalam maka setang motor ini masih model biasa dengan speedometer analog (bbmnya digital).

Vario sudah dibekali Idling Stop System untuk efisiensi BBM. Turun ke dek maka Vario hanya dibekali shutter key dengan pembuka jok. Kantong di dek tersedia di kiri dan kanan dengan cukup leluasa dan ada hook buat belanjaan.

Sektor keamanan maka Vario sudah dilengkapi side stand switch dan parking brake lock untuk keamanan. Oh ya ada juga versi CBS alias Combi Brake System dengan sistem pengereman bantuan ganda depan belakang saat kita tekan tuas rem depan.

Kedua motor sudah mengaplikasikan generator stater agar saat motor distart menjadi hening dan halus, tidak lagi mengeluarkan bunyi ala ala kompressor.

Mesin

Untuk Lexi sebenarnya belum ada pemberitahuan resmi tentang mesin yang digunakan namun sudah ada sumber yang angkat bicara. Dilansir Gridoto bahwa Lexi menggunakan mesin 125 cc Bluecore VVA yang biasa digunakan Nmax 125 impor.

Ini berarti Lexi menggunakan 125 cc 4 valve bluecore VVA yang menghasilkan 12hp @ 7,500 rpm dan torsinya 11.7 Nm @ 7,250 rpm. VVA adalah sistem variable katup yang bekerja maksimal saat rpm mesin tertentu sehingga tetap efisien dan tenaga maksimal.

Untuk Honda Vario sendiri mengadopsi mesin 125 cc eSP 2 valve yang dapat menghasilkan tenaga 11.13 hp @ 8,500 rpm dan torsi sebesar 10.8 nm @ 5,200 rpm.

Powernya memang sedikit kalah dari Lexi namun hal ini wajar karena Vario belum dilengkapi katup variabel. Setidaknya figur kehematan Vario tercatat 50 km/liter sedangkan Lexi belum ada data pasti.

Harga

Untuk harga Yamaha Lexi 125 Bluecore VVA juga belum ada data valid namun berdasarkan perkiraan dari sumber bahwa model ini dijual dibawah 20 juta. Mengingat Harga Yamaha Soul GT sudah mencapai angka Rp 17.5 juta maka Yamaha Lexi 125 VVA akan bermain di harga 18 – 19 jutaan.

Lalu untuk Honda Vario 125 sendiri per bulan Januari 2018 berada pada angka Rp. 18,1 – 18,7 juta. Dari sini sebenarnya juga pertaruhan besar bagi Yamaha untuk mensetting harga yang benar pada si Lexi, kalaupun lebih mahal pun harus terlihat wajar bagi konsumen.

Kira kira begitulah gambaran komparasi Yamaha Lexi 125 VVA dengan Honda Vario 125. Ada bentuk ada rupa, secara fitur Lexi terlihat bisa diandalkan namun secara tampilan Vario masih terlihat baik untuk konsumen. Nah tinggal menunggu nih sosok Lexi untuk direview di KARS TV selengkapnya.

Baca juga artikel menarik lainnya mas bro :

  • rhein frillian

    Ane malah bosan sama Vario. Eneg ada dimana2

  • Gu Pak Lethong

    pilih lexi dong……