Masih Ingat Honda Insight Pesaing Prius? Kini Hadir Generasi Terbarunya

MotoKARS.com – Tidak banyak yang tahu bahwa sebagai mobil hybrid sebenarnya Toyota Prius tidak melenggang sendirian saja. Honda juga mengeluarkan mobil hybrid di awal millenium bernama Honda Insight.

Namun ada hal yang membedakan Honda Insight dengan Toyota Prius saat itu, ketika Prius menawarkan sedan 4-pintu dengan basis Corolla. Maka Insight hadir dengan model 2-pintu [sebutlah coupe walau mimin tidak ingin] dengan model yang lebih kompak.

Model yang lebih kompak? Ya, Insight generasi pertama punya dimensi yang lebih mirip dengan hatchback segmen A. Mesin hybridnya menggunakan teknologi Honda Integrated Motor Assist [IMA] dengan perpaduan mesin 1000 cc 3-silinder bertenaga 68 hp dan rotor listrik bertenaga 13 hp.

Untuk memaksimalkan efisiensi maka panel bodinya menggunakan alumunium dan transmisinya menggunakan CVT. Mobil ini hadir pada tahun 2000 dan berakhir pada tahun 2006, mobil ini pun dipasarkan secara global sampai ke Amerika Serikat.

Untuk versi kedua hadir kembali pada tahun 2009 dan berbeda dengan generasi pertama yang jauh futuristik, model ini lebih kalem dengan pendekatan sporty. Selain itu Insight generasi kedua pun menjadi pure sedan 4-pintu dengan keleluasaan kabin yang lebih baik.

Mesinnya menggunakan generasi IMA jilid 2 dengan mesin bensin 1300 cc SOHC i-VTEC bertenaga 98 hp dikawinkan dengan rotor bertenaga 13 hp. Transmisi yang digunakan adalah CVT dan mobil ini berbagi sasis dengan CR-Z, Jazz, City, dan lain lain.

Mobil ini dipasarkan secara global dari tahun 2009 hingga 2014 dan setelah discontinue perannnya dilanjutkan oleh Honda Grace alias City Hybrid yang penjualannya hanya di Jepang.

Untuk versi terbaru ini kembali hadir dengan model yang lebih matang, meskipun modelnya masih konsep namun mobil ini tampil layaknya model produksi. Honda Insight Prototype ini muncul perdana di Detroit Auto Show 2018 dan seperti nasibnya beberapa mobil Honda, Insight banyak didevelop oleh RnD Honda Amerika.

Sehingga model ini tampil dengan garis desain yang tidak terlalu jauh dengan lini Honda Amerika saat ini. Ada Solid Wing Face generasi terbaru, model lebih sleek, lebih gambot, garis desain lebih rapih bahkan ada kemiripan dengan Honda Accord terbaru.

Namun generasi terbaru Insight ini memang tampil naik kelas dengan dimensi yang lebih cenderung mirip ke Civic dengan garis desain ala Accord. Untuk sebuah mobil dengan teknologi advance pun pendekatan desainnya semakin mirip mobil umumnya dibandingkan dengan pendahulunya yang menonjolkan futuristik. Hal ini disengaja agar calon konsumen lebih familiar dengan Insight dan lingkup penjualan Insight bisa lebih luas lagi.

“Honda Insight 2019 terbaru ini adalah sebuah sinyal bagi kita untuk memasuki era baru elektrifikasi dengan generasi baru produk Honda yang menawarkan konsumen berupa manfaat teknologi powertrain canggih tanpa mengorbankan desain original dan fitur premium,” Jelas eksekutif Honda, Henio Arcangeli Jr.

Untuk kabin, Honda Insight menawarkan kemewahan dashboard yang cukup apik dengan jok kulit, layar konektifitas 8 inchi dan layar speedometer 7 inchi.

Tidak lupa juga dibekali fitur keamanan Honda Sensing meliputi Collision Mitigation Braking, Lane Departure Warning, Road Departure Mitigation, Adaptive Cruise Control with Low Speed Follow dan Traffic Sign Recognition.

Model ini menyuguhkan tenaga hybrid dengan mesin standar 1500 cc meski belum jelas spek yang dikaji. Konsumsi BBM diyakini berada paada 22 km per liter, model bagasi kini lebih luas dan practically dengan pelipatan bangku 60/40.

Rencananya mobil ini akan dilaunching dan dirakit di  Greensburg, Indiana, Amerika Serikat bersama Civic dan CR-V. Yah semoga saja Insight terbaru ini lebih sukses dibanding pendahulunnya ya.

Baca juga artikel menarik lainnya mas bro :