Meski Kompetitor Bertambah, Isuzu Panther Takkan Ganti Model Tahun Depan

MotoKARS.com – Banyak sekali yang meramalkan pada tahun 2018 ini percaturan kendaraan keluarga akan semakin memanas. Pada level Low MPV kita sudah mencium tanda tandanya dengan lonceng dibuka oleh Mitsubishi Xpander yang menyerang Toyota Avanza di depan muka.

Sedangkan untuk segmen yang agak kebawah sudah ada Wuling Confero S. Bahkan kita tidak menyangka si New Kids on The Block ini justru masuk dalam urutan 8 penjualan MPV terbaik di Indonesia.

Sedangkan untuk kelas diatasnya dikit ada Low SUV yang ini dihuni oleh Honda BR-V namun diramaikan lagi oleh Toyota Rush dan Daihatsu Terios di akhir tahun ini. Dengan model lebih tough, konfigurasi 7-seater dan harga mepet dengan Low MPV, jelas tempat ini akan ‘kobong’.

Lalu agak naik ke kelas atas ada Medium MPV yang dihuni oleh Toyota Kijang Innova dan Isuzu Panther dan tambah lagi satu model yakni Wuling Cortez yang harganya jauh dibawah mereka berdua tapi fiturnya jauh di atas mereka.

Apakah drama MPV sudah stop sampai disini? belummm pak… drama MPV akan terus berlanjut dan berlanjut karena ini pasar yang panas. Bakal seperti Tersanjung yang sinetronnya sampai berjilid-jilid, takkan ada cerita tidak launching mobil baru dalam setahun pun.

Well… intinya ini pasar yang rame, meski begitu Isuzu Panther tidak ada perubahan dari awal 2000 hingga tahun 2018 ini. Bahkan mereka sendiri sudah mengonfirmasi tahun depan bentuk takkan berubah.

Hal ini disampaikan oleh GM Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Attias Asril, “Perbincangan dengan prinsipal cukup alot, sehingga kami pastikan tidak ada model baru,” ujar Attias di acara Workshop Wartawan Industri 2017 di Ungaran, Semarang, seperti yang dikutip di Kompas Otomotif.

Dituturkan menurut Attias Asril bahwasanya prinsipal diatas masih menginginkan investasi Isuzu untuk kendaraan komersial saja. Sehingga pun ada model baru dari Isuzu, tentu saja itu adalah kendaraan komersial, bukan kendaraan penumpang apalagi seekor Isuzu Panther. Untuk kendaraan penumpang sendiri selain Panther, Isuzu juga mempunyai D-Max double cabin dan MU-X triple cabin SUV.

Apakah ini termasuk langkah berani? bisa dibilang iya namun coba pemirsa lihat harga seken Isuzu Panther, mobil ini tidak pernah jatuh parah meskipun dia bukan mobil laris di Indonesia. Harga yang super ajaib ini selain dikarenakan model jarang ganti juga karena mobil ini sangat-sangat low maintenance.

Panther itu identik dengan mesin diesel non common-rail, torsi ada, mampu nenggak solar busuk, bodi tangguh kaleng dan suspensi yang empuk untuk jalan jelek. Bahkan ada saja owner Isuzu Panther yang begitu ‘garis keras’ hingga mobil ia tuker tambah tetap dengan Panther yang baru.

Namun sebenarnya ada juga pilihan untuk fansboy Isuzu naik kelas, ada sosok bernama Isuzu MU-X yang bersaing dengan Fortuner dan Pajero Sport. Mobil ini pun mendapatkan nilai yang cukup baik oleh para kritikus otomotif Indonesia, so mungkin kalau bukan Panther ada MU-X tapi kalau dana cekak monggo beli seken saja, yoihh.

Baca juga artikel menarik lainnya mas bro :