All New Daihatsu Sirion Meluncur Hari Ini, Fiturnya Banyak Banget!

MotoKARS.com – Daihatsu Sirion untuk kelas hatchback 1200 cc keatas memang menjadi alternatif yang cukup menarik. Sebab dengan budget yang tidak terlalu besar, mobil ini menawarkan tampilan yang menarik dan fitur yang cukup ramai. Modelnya pun berkesan hatchback 1500 cc yang harganya sudah mencapai 200 jutaan keatas.

Asalnya mobil ini sih sebenarnya bukan dari Daihatsu Sirion jepang, mobil ini dihadirkan dari Malaysia langsung dari pengembangnya Perodua. Yup memang masih ada bantuan dari Daihatsu tapi Perodua leluasa mendesain mobil ini sesuai kebutuhannya di Malaysia sana.

Ibarat kata seperti Astra Daihatsu Motor mendesain Terios di Indonesia. Nah mobil yang punya nama Perodua Myvi di Malaysia ini punya sasis baru dan desain yang totally berbeda dibanding kembarannya All New Daihatsu Boon di Jepang sana.

“Kami berharap dengan diluncurkannya All New Sirion ini, masyarakat Indonesia bisa mendapatkan City Car yang cocok untuk menunjang aktifitas,” ujar Sudirman MR, Wakil Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor.

Secara dimensi mobil ini memang lebih besar dibanding sebelumnya namun patut diakui desainnya lebih landai juga dibanding sebelumnya. Garis desainnya lebih simpel dan cenderung elegant, less funky seperti dulu.

Menariknya mobil ini dilengkapi dengan lampu LED di headlamp dan taillamp, dilengkapi juga dengan foglamp. Velgnya berukuran 15 inci two tone dengan desain baru, lalu di belakang ada shark fin antenna. Mobil ini juga ada fitur auto wiper dan follow me home seperti mobil kekinian harga 200 juta keatas.

Di dalam kabinnya mobil ini sudah keyless start stop engine, lalu menjumpai model dashboardnya kini lebih sleek dan model asimetris. Bila melihat bagian tengah dashboard nampak layar audio touchscreen dengan AC digital. Speedometernya lebih menarik dengan layar MID yang besar plus setir ada steering switch audio dengan bluetooth telephony.

Hal yang menarik lagi adalah fitur keselamatan yang ditawarkan juga gak main main. Pertama ada 4 airbag yang menemani, setelah itu ada ABS + EBD. Ditambah lagi Vehicle Stability Control (VSC) dan Traction Control di mobil ini. Selain itu ada pula kelengkapan seperti ISOFIX untuk child seat dan sabuk pengaman untuk 5 penumpang.

Daihatsu Sirion generasi terbaru ini mempunyai harga yang cukup kompetitif yakni berkisar Rp 182.500.000,- untuk tipe manual dan Rp 193.500.000,- tipe matic. Yup mobil ini hanya ditawarkan satu jenis saja namun terdiri dari transmisi manual dan transmisi matic.

Namun tentu saja model yang ditawarkan adalah trim top level. Oh ya model yang didatangkan adalah model 1300 cc berkode 1NR-VE DOHC Dual VVT-i bertenaga 95 PS dan torsi 123 Nm. di Malaysia sendiri memang ada versi 1500 cc tapi nampaknya belum ada kepastian. Ngapain juga harus duel sama produk si ‘bos’ yang sekarang harganya Rp.240 jutaan hehe….

Baca juga artikel menarik lainnya mas bro :