Perbandingan Yamaha MT-15 vs Yamaha New Vixion Advance vs Yamaha Byson

perbandingan-yamaha-mt15-new-vixion-new-byson-cover

MotoKARS.com – Mungkin sudah santer terdengar di media sosial bila Yamaha sedang getol-getolnya mengujicoba varian anyar di motorsport. Menurut rumor, motor ini akan dinamakan Yamaha MT-15 dan dari segi dimensi dan fitur nampaknya akan lebih mendekati Yamaha R15 dibandingkan Yamaha New Vixion. Memang sih sesuai nomenklatur dari MT-Series umumnya adalah versi naked dari Yamaha YZF-R series. Tapi Yamaha R15 sendiri secara umum versi nakednya adalah Yamaha New Vixion. Lalu kenapa mesti ada Yamaha MT-15?

Oke mari kita coba gali, sebenarnya Yamaha MT-15 sudah dirilis duluan di thailand dan negara indo-china lainnya dengan nama Yamaha M-Slaz. Jadi kita akan mencoba melihat perbandingannya secara visual saja dahulu. Namun mengingat dari segi tampilan MT-15 ini adalah MT-series yang punya gaya desain identik alias NakedVolution dengan Byson jadi mari kita bandingkan dengan new Byson juga.

perbandingan-yamaha-mt15-new-vixion-new-byson-samping

Pertama mari kita lihat dari sisi samping, pada Yamaha MT-15 modelnya sebenarnya lebih bantet dibandingkan dengan kedua saudaranya. Hal ini terlihat dari bagian belakang yang meruncing tipis dan ban yang sekilas mencuat ke luar. Untuk posisi jok dan ketinggian stang ada kemungkinan punya MT-15 lebih tinggi dibanding New Vixion Advance dan New Byson. Hal menarik yang ditawarkan MT-15 adalah shock depan dengan Up Side Down besar, kaki-kaki dengan motif baru dan ban lebih gambot[?]

perbandingan-yamaha-mt15-new-vixion-new-byson-depan

Melihat dari depan secara desain Yamaha MT-15 dibuat lebih padat berisi di depan dibanding belakang. Walaupun bila dibandingkan dengan New Byson sekilas punya ciri khas desain yang sama. Berbeda dengan New Vixion Advance yang garis desainnya seirama antara depan dan belakang dan cenderung ramping dan proporsional. Masalah headlamp lagi lagi desain MT-15 senada dengan New Byson dengan headlight cenderung berdimensi kecil, apakah ini artinya menggunakan LED? Oh ya MT-15 juga menawarkan fairing kathokan yang menjulur sampai airscoop.

perbandingan-yamaha-mt15-new-vixion-new-byson-belakang

Saatnya menilik belakang, maka kita melihat bagian buntut dari MT-15 punya tampilan yang identik dengan R15. Hanya saja ada revisi di bagian taillamp sehingga tampil beda namun tetap LED. Sekilas bila dibandingkan dengan New Byson dan New Vixion Advance maka terlihat bahwa buntut MT-15 sangat ringkes. Desain spakbor belakang MT-15 juga mengingatkan kita akan MT-25 sehingga lumayan mendongkrak tampilan. Hal yang bikin beda adalah swingarm MT-15 yang serupa R15 alias menggunakan arm banana. Jauh terlihat berbeda dibandingkan New Byson dan New Vixion Advance yang masih mengandalkan swingarm konvensional.

perbandingan-yamaha-mt15-new-vixion-new-byson-speedometer

Sepertinya tidak lengkap jika kita tidak membandingkan masing masing speedometer. Bila melihat speedometer MT-15 memang nampak sekali nuansa speedo MT-Series yang berkesan simpel dan elegan. Kebetulan di New Byson juga mengadopsi bentukan speedo yang mirip namun bedanya dari ukuran sepertinya MT-15 lebih kecil plus ada pengaturan jam. Berbeda bila kita meninjau speedo New Vixion Advance yang campuran antaran analog [tachometer] dan digital. Namun New Vixion Advance sudah lengkap dengan jam dan tripmeter bahkan ada fitur Hi mBlo segala. Bicara soal selera… hm kadang ada yang menyukai model speedo NVA tapi ada juga yang ingin modern.

Last… setelah kita membandingkan nampaknya MT-15 ingin membawa kesan New Byson dengan gaya desain NakedVolution yang baru ke dalam sasis New Vixion / R15. Nampaknya Yamaha ingin menerapkan ilmu gerilya ala Honda di sektor sport hehe… Pembaharuannya seperti yang kita lihat adalah suspensi Up Side Down, kaki-kaki dengan motif baru dan ban lebih lebar, swingarm banana alumunium, split seat ala moge dan desain berotot. Soal harga sepertinya hanya beda tipis banding R15 karena ini kan Vixion modif hehe….

Monggo komentarnya gan!

source pic : indianautosblog.com, iwanbanaran.com, fncounter.com, dapurpacu.com, otomotif.kompas.com

  • Helmi Nauval Redfield

    Hahaha ngakak baca bagian speedo vixion yang “hi bro” diganti “hi mblo” 😂😂😂😂