Selangkah Lagi, Saham Ducati Akan Dimiliki Bajaj Melalui KTM

MotoKARS.com – Ducati dijual? Sebenarnya tidak sedikit orang-orang yang kebingungan kenapa Ducati harus dijual karena penjualannya pun tidak terlalu buruk. Namun masalahnya lebih kepada induk semangnya, VW group, mereka kemarin sempat terganjal kasus Dieselgate. Sebuah kasus dimana VW dinyatakan bersalah telah menipu kadar emisi mobil diesel pada konsumennya di Amerika Serikat. Hal ini berdampak penurunan kepercayaan brand, recall tiada henti dan problem lain yang sampai sekarang VW harus bekerja keras memulihkannya.

Dana kerugian VW ditotal kira kira mencapai Rp.33 trilliun, oleh karena itu VW Group memutuskan untuk menjual beberapa saham yang ia punya. Saham VW di Ducati yang dipilih untuk dijual, dengan angka transaksi mencapai Rp.21,8 trilliun tadinya Harley Davidson berniat membeli Ducati. Namun niatnya terhalang karena kompetitornya cukup besar dan lebih sanggup untuk membeli saham Ducati. Mereka adalah KTM-Bajaj, yah secara grup besar sebenarnya adalah Bajaj namun pembeliannya diwakilkan oleh KTM.

Bila berbicara tentang Bajaj dan KTM, pembelian saham Bajaj pada KTM sebesar 47% yang dilakukan secara bertahap sejak tahun 2007. Beberapa kebijakan penjualan telah diatur oleh Bajaj dan KTM, alhasil merek asal Austria ini mendominasi penjualan motor di benua Eropa. Penjualan KTM di beberapa negara lainnya juga menjadi positif setelahnya.

Seperti yang kita ketahui angka transaksi untuk membeli Ducati memang tidak main main. Meski begitu hal ini tidak menjadi masalah bagi Bajaj yang menjadi eksportir motor terbesar di India. Penjualan Bajaj yang makin moncer berkat Pulsar 200 NS plus KTM yang mempunyai brand kuat di Eropa membuat mereka semakin dekat dengan goal.  Rajiv Bajaj, Managing Director Bajaj Auto menyatakan kesepakatan akuisisi akan dijalankan dalam 2 minggu kedepan.

“KTM memiliki orientasi di dunia balap dengan produk-produk motor sportnya. Tapi merek itu tidak cukup premium. Jadi kami berupaya melengkapinya,” tambah Rajiv mengemukakan alasannya. Nah nampaknya menarik mengikuti perkembangan Ducati pasca sahamnya dipegang oleh KTM dan Bajaj. Bahkan kini bisa saja Bajaj tidak menemukan kesulitan lagi untuk mengembangkan line up di sektor moge. Bagaimana pendapat pemirsa?

Baca juga artikel menarik lainnya mas bro :