Situ Pengusaha? Mau Jenguk Tambang Dengan Necis? Mercedes Benz X-Class Jawabannya

MotoKARS.com – Sungguh hal yang aneh dan di luar kebiasaan dari Mercedes Benz, oke admin tahu bahwa semua pangsa pasar otomotif saat ini menarik dan boleh semua orang mencobanya. Seperti dahulu kita sempat mengernyitkan dahi ketika mobil merk premium masuk ke lingkup SUV. Toh ternyata pangsa pasar SUV menjadi tolak punggung penjualan mereka juga. Padahal dulu tidak ada yang menyangka bahwa jenis mobil pekerja keras akan dilirik oleh BMW, Mercedes bahkan Jaguar sekalipun… Sekarang mobil pekerja keras itu menjadi mobil gaya gayaan model baru.

Nah Mercedes-Benz masih menemukan salah satu talenta terpendam yang bisa digunakan ataupun diutak atik lah istilahnya. Namun mereka sepertinya enggan capek capek membuat dari nol meskipun mereka telah belajar membuat mobil pekerja keras macam Mercedes G-Class. So pada akhirnya Mercedes-Benz menghubungi Nissan untuk minta kerjasama, dalam artian meminjam Navara untuk dijadikan basis pick up terbaru mereka. So dengan beberapa detailing dan pemenuhan unsur mewah ala Mercy, jadilah sesosok Mercedes-Benz X Class di hadapan anda.

Kalau dibandingkan dengan versi konsepnya pada waktu dulu, sejatinya X-Class yang satu ini tampak jauh berbeda. Ia tampak elegant dan manusiawi, terlihat good looking berkat lampu C-Class dipadu grill besar jadi ada kesan GLC-Class juga. Namun apabila pemirsa tarik garis lurus ke samping dan belakang maka sangat kentara nuansa Navaranya. Meski begitu Mercedes-Benz mengaburkan lekukan Navara dengan membentuk garis garis harmoni.

Menilik dari segi interior, jangan membayangkan bahwa kemewahan interior sedan Mercedes-Benz akan tertular di interior X-Class ini. Yah tertular tapi porsinya gak banyak, sebab sudut-sudut basis awal mobil ini masih tertinggal dengan jelas. Setidaknya model seperti kisi-kisi AC model baling seperti Mercedes juga tersemat di X-Class. Hal yang tertinggal jelas di Navara adalah perpindahan gigi, sistem 4×4, kaca dan pengatur suhu. Tapi Mercedes membekali X-Class dengan fitur mewah seperti sistem konektivitas COMMAND 8,4 inchi, dashboard kulit dan instrument cluster yang tidak berbeda jauh dengan C-Class.

Untuk fitur keamanan, Mercedes juga tidak sebelah mata dengan X-Class, hal ini ditunjukkan dengan fitur airbag dengan tujuh kantung udara, juga fitur Active Brake Assist, Lane Keeping Assist, dan Traffic Sign Assist. Selain itu masih ada lagi seperti Trailer Stability Assist, monitor tyekanan ban, sistem darurat, kontrol kecepatan, dan kamera 360 derajat.

Sebelum berbicara masalah mesin, mobil ini mempunyai beberapa kelebihan double cabin pada umumnya. Seperti umumnya mobil ladder frame, mobil ini sanggup memuat barang sampai seberat 1,2 ton. Mobil ini juga sanggup diajak narik beban seberat 3,5 ton alias narik truk yang diisi 5 kambing idul adha. Selain itu mobil ini punya ground clearance yang cukup baik, 202 mm dan bisa ditingkatkan menjadi 222 mm.

Masalah mesin, ya sebenarnya mesinnya bukan “Made in Germany”, melainkan “Made in France” untuk diesel dan “Made in Japon” untuk bensinnya. Dieselnya menggunakan mesin Renault 2.300 cc 4-silinder, untuk X220D bisa meletupkan tenaga 163 hp dan untuk X250D bisa sampai 190 hp. Untuk varian bensin meminjam mesin Teana 2.500 cc bertenaga 165 hp. Mesin ini akan bekerjasama dengan transmisi manual 6-speed dan otomatis 7-speed. Setelah ini Mercedes Benz rencananya memasukkan mesin mereka ke X-Class, 3.000 cc turbo V6 dengan output 258 hp dan torsi 550 Nm dengan nama X350 dengan transmisi 7-speed 7G-Tronic Plus auto dan 4Matic all-wheel drive.

Model ini rencananya akan dibanderol sebesar  €37,294 alias 573 juta rupiah. Rencananya model ini akan segera dipasarkan di Eropa, Afrika Selatan, Australia, Timur Tengah dan Selandia baru pada awal tahun depan. Setelah itu akan ada Amerika Latin [Argentina dan Brazil] pada 2019. Kira kira kapan mobil ini kesini? Entahlah… sebenarnya yang saya penasaran, adakah pengusaha yang minat mobil ini untuk sekedar nengok tambang? Atau mungkin pejabat daerah yang ingin menyapa rakyat mereka dengan X-Class? Ah embuh… lebih enak Fortuner paling, servis mudah….

Baca juga artikel yang lainnya mas bro :