Spesifikasi Next Yamaha R25 Bakal Lebih Horor Untuk Kelas 250 cc

MotoKARS.com – Yamaha R25 mungkin memang tidak langsung menjadi motor favorit saat menghadapi Ninja 250, bahkan R25 masih dirasa ganjil bagi sebagian orang. Namun setidaknya dengan kemunculan R25 di Indonesia menyatakan bahwa Ninja 250 memang harus dihadapi dengan apple to apple. Kehadiran R25 membuat peta motorsport menjadi bergeser, orang orang punya alternatif selain Ninja 250, bahkan Honda pun akhirnya kepancing membuat benda yang sosoknya bisa dibenturkan. Honda CBR250RR contohnya, bahkan admin pikir jika R25 tidak ada bisa jadi Honda masih puas dengan CBR250R mesin satu silinder.

Well intinya R25 banyak memberikan perubahan di segmen kelas 250 cc, namun bukan Yamaha kalau hanya segini saja sudah dianggap puas. Makanya mereka segera mempersiapkan untuk generasi kedua R25 agar bisa menyaingi Honda CBR250RR, meskipun sih Kawasaki Ninja 250 saat ini nggak ada pergerakan. Kemunculan R25 generasi baru ini dicetuskan dalam blog kang Taufik TMCBlog.com dengan kode MY18 yang cukup misterius.

Yup Yamaha R25 MY18 ini mempunyai beberapa informasi yang cukup menarik, bahkan saking menariknya TMCBlog mendeskripsikan kata N G E R I. Apakah ngerinya seperti lagu Kangen Band yang di V A P O R W A V E yang dipelankan 6x lipat dan pitchnya dinaikkan 3x lipat? Well itu sih horor banget… Jadi mesin MY18 ini sudah selesai rampung oleh Yamaha Jepang dan segera dilakukan pengetesan durabilitas di Indonesia. Mesin dari Yamaha R25 MY18 disinyalir akan berbeda dengan R25 lama namun model fisik terlihat sama.

Tidak hanya fisik mesin yang terlihat sama, fisik dari frame juga terlihat serupa dengan yang lama. Namun jeroan mesin akan terlihat berbeda dengan model cam yang lebih dari satu, kemungkinan akan menggunakan VVA. Namun dengan model part yang mendekati kompetisi dan lebih minim friksi dan edannya lagi kompresi akan sampai 12,5:1 membuat Yamaha sangat menaruh perhatian dengan durabilitas mesin ini. Belum lagi pengetesan raungan mesin akan sampai 16.000 rpm yang berarti mendekati level hardcore untuk sebuah mesin otomotif.

Oh ya apabila Honda memberi 3 mode berkendara agar lebih manusiawi, maka motor ini akan menawarkan teknologi Yamaha Traction Control (YTC) agar kontrolnya lebih dinamis. Secara tampilan motor ini membawa desain R terbaru, yah anggaplah R1 dan R6. Model R25 pun mendekati gambar yang diatas dengan LED headlamp dan desain RAM air terbaru dan untuk handling kemungkinan penyematan shock depan USD membawa dampak positif.

Bocoran Yamaha R25 MY18 by TMCBlog

  • Assist and Slipper Clutch
  • Kompresi sampai 12,5: 1 ( versi pengujian )
  • Desain Swing arm baru
  • Suspensi depan KYB Upside down 41 mm ( kemungkinan Pakai desain R6 lama )
  • Desain dan dimensi Klep EX baru yang lebih besar
  • Desain RAM AIR baru
  • Lampu ALL LED
  • Spidometer Baru ( Kemungkinan All New LCD Digital )
  • Piston tetap Forged
  • Silinder tetap Diasil
  • Velg dan dimensi Ban belakang akan lebih lebar
  • Seat Height sekitar 835 mm

Melihat dari bocoran diatas bisa diharapkan adalah model R25 mempunyai daya saing yang cukup tinggi dibanding versi lama. Hal ini bisa kita lihat dari R15 yang mempunyai model yang gambot dan proper di setiap sudut. Oh ya untuk debutnya sendiri kita harus kudu jaga jaga pada awal tahun 2018. Nampaknya mantap motor yang satu ini ya. Bagaimana pendapatnya?

Baca juga artikel menarik lainnya mas bro :