Spyshot Suzuki Nex 2017, Come Back Dengan Gaya yang Lebih Elegan!

2017-spyshot-suzuki-nex-beige-emas-doff-depan-motokars

MotoKARS.com – Semenjak Suzuki menghadirkan matic fungsional dengan kelas dunia Address, tak lama kemudian mereka mematikan Suzuki Nex perlahan-lahan. Well, admin sempat melihat ini sebagai strategi yang salah, soal opini banyak yang mengira karena desainnya kurang cantik atau bagaimana lah… Namun faktanya sebagai motor yang satu satunya jadi kartu as Suzuki di kala itu, Nex berhasil menjadi underdog. Loh kok bisa?

Begini… ketika Nex dilempar ke pasaran coba inget inget deh kelas matic 110 cc waktu itu… iya ada Beat FI gen.1, Vario 110 FI, Yamaha Mio J, Yamaha Mio GT, TVS Dazz, dan lain sebagainya. Favorit orang sebagai motor idaman di kelas ini adalah Beat… tapi versi karbu… lalu Mio… tapi versi karbu… Secara dimensional pada saat itu generasi Beat dan Mio berubah menjadi sedikit lebih berisi. Harganya pun melonjak, hanya saja Beat terlihat gambot dibanding dulu dan Mio terlihat ganteng tapi jadi lebih lemot dibanding dulu (mana borosnya sama pula). TVS Dazz masih tidak bisa berkutik karena nama yang terdengar cemen di khayalak orang banyak.

2017-spyshot-suzuki-nex-silver-doff-samping-motokars

Di saat itulah Nex terlihat sebagai motor yang bisa dijadikan opsi, padahal mengingat daya saing dan iklan yang tidak terlalu jor joran harusnya dianggap “nothing”. Namun motor ini hadir dengan merek jepang, “soul” mirip seperti Beat karbu yang begitu simpel dan ringkas, saat digunakan bisa dibilang nyaman untuk kelas 110 cc, kehematannya pun oke dan yang membuat orang tertarik adalah pricenya yang ditaruh dibawah sekali. Dulu Mio dan Beat dihargai 14,5 sampai 15 jutaan dan Nex hadir di harga 13,5 jutaan. So di beberapa daerah (yang masih ada dealernya hehe…) Nex cukup sering wira wiri di jalanan, contohnya saja Yogyakarta.

Namun ini cerita saat itu, kali ini Honda dan Yamaha sudah berbenah. Yamaha mencoba meracik ulang desain Mio bagaimana supaya modelnya disukai, menggunakan lampu “bego” yang berada di dada, mesin menjadi 125 cc dengan menggusung Blue Core. Seakan Mio mencoba menghadirkan “soul” lamanya dengan desain berbeda, emm bukan Mio Soul maksud admin… Sedangkan Honda juga serupa, Beat kembali disempurnakan desainnya dengan dibuat ramping dan simpel, sehingga sosoknya terlihat seperti Beat karbu reborn. Soal fitur, Honda mencoba menularkan kecanggihan Vario pada Beat sedangkan Yamaha terlihat seperti “nyicil” fitur dari Aerox 155. Pricing harga ya masih tinggi-tinggian sih.

2017-spyshot-suzuki-nex-silver-doff-depan-motokars

Namun abstainnya Nex saat ini dan melihat Honda dan Yamaha kembali ke jalur yang benar membuat pembeli yang sempat kabur menjadi kembali ke dua merek tadi. Apalagi kini pilihan Suzuki menjadi Address, menyampingkan kenyamanannya motor ini belum bisa menjadi underdog seperti Nex karena meski praktis ia tidak terlihat simpel. Dimensinya hampir 11-12 dengan Vario 125. Meski begitu dengan harga rendah dan gaung kualitas ekspor, Address masih punya tempat di beberapa kalangan.

Kini seperti yang pemirsa saksikan, Nex diwacanakan kembali hadir masuk line up Suzuki, ini masuk salah satu program Suzuki Indonesia setelah keberhasilan GSX series. Sehingga dalam hal ini Suzuki sudah menyajikan 6 line up terbaru pada tahun 2017 dan masih akan terus berkembang. Pertanyaan mendasarnya, melihat bentuk yang tak banyak berubah, apa strategi Suzuki untuk Nex? Beat dan Mio sekarang agak sulit untuk diusik dengan model terbaru mereka. Melihat model, Nex tampak segar dengan tampilan elegan. Lalu bagaimana dengan fiturnya? sepertinya belum ada ubahan berarti, parking brake lock saja masih belum ada seperti dulu.

2017-spyshot-harga-suzuki-nex-hitam-doff-samping-motokars

2017-spyshot-suzuki-nex-beige-doff-emas-samping-motokars

2017-spyshot-model-suzuki-nex-beige-emas-doff-depan-motokars

Nampaknya Suzuki mencoba membuat diferensiasi dengan memberikan kesan mevvah pada Suzuki Nex 2017, masalah fitur ya sepertinya sih dibuat agar harganya tetap fit seperti Nex lawas. Mengingat harga Suzuki Address sudah mencapai 14,5 – 15,5 jutaan, mungkin Nex akan disetting di bawah harga tersebut. Apakah dengan tampilan elegan dan simpel serta murah, Nex masih bisa jadi underdog? Kita tunggu saja kiprah dari Suzuki…. Jangan lupa sama aftersales servicenya ya, biar konsumen gak ragu milih Nex. Gimana pendapat pemirsah sekalian?

Sumber foto : aikenadhe.blogspot.com