Suzuki Jimny Eksis Kembali Di Indonesia Pada Ajang GIIAS 2017

MotoKARS.com – Tentu tidak sedikit dari pemirsa yang mempunyai kenangan dengan salah satu kendaraan legendaris asal Suzuki bernama Suzuki Jimny. Yah kalaupun bukan Suzuki Jimny mentok mentok ada yang merasakan impresi Suzuki Katana, versi paket hemat dari Jimny. Memang sebelum genre crossover menyerang, model SUV yang kompak dan nyaman di perkotaan dipelopori oleh si Suzuki Jimny dan Suzuki Katana. Meski bodi dan mesinnya kecil, kehandalan mobil ini sangat terpancar ketika menemui jalanan offroad.

Yup hal ini yang banyak disukai oleh konsumen di masanya, selain bentuknya kompak namun kokoh dan useful. Bahkan di saat modern seperti ini masih banyak yang mencari cari mobil SUV dari Suzuki yang satu ini. Hanya saja seiring waktu Generasi Jimny – Katana hanya stop sampai SJ413 saja dan tidak dilanjutkan ke JB-series. Apalagi generasi SJ413 terpaksa stop ketika regulasi euro 2 disahkan di Indonesia, tentu banyak penggemar yang kecewa bahkan merindukannya. Bisa dibilang pecinta mobil ini adalah tipe Fansboy Suzuki sejati, konon sih…

Nah Sepertinya Suzuki Indonesia Sales agak peka dengan keberadaan mereka, makanya mereka berinisiatif negosiasi dengan Suzuki Jepang selaku yang punya lisensi membuat Jimny agar Indonesia diberi keran impor Jimny. Singkat kata hal ini berhasil namun SIS tidak terlalu muluk-muluk soal Jimny, mereka hanya memasarkan mobil ini sejumlah 88 unit saja ke Indonesia.

Secara tampilan mobil yang berkode JB53 ini tampil dengan bentuk hampir mirip Suzuki Jimny seperti gambaran kita. Model kompak kecil dan kokoh, bahkan apabila pemirsa tahu bahwa mobil ini tidak pernah berganti model selama 1997 alias sudah 20 tahun bentuk modelnya tetap gitu gitu saja. Nyatanya hal ini tidak dipersoalkan oleh para penggemar Jimny di seluruh dunia kok, bahkan penjualan Jimny di luar menurut SIS cukup stabil. Artinya mobil ini punya formula yang matang untuk para offroader mania.

Hal ini bisa dilihat dari model yang mature, alias terlihat uzur dengan lampu yang masih setia dengan halogen dan bohlam, grillnya pun simpel dan overfender mencuat khas Jimny. Kap mesinnya ada airscoop tapi ini bukan berarti berturbo, basisnya memang diambil dari Suzuki Jimny Turbo yang kapasitasnya 660 cc alias Jimny Kei Car. Nah untuk mobil ini disematkan M13A bermesin 1300 cc VVT yang menyalurkan tenaga 85 hp @ 6,000 rpm dan torsi 116 Nm @ 4,200 rpm.

Model interior juga serba mature alias jaman millenium dalam artian terlihat uzur, nampak kurang istimewa bila dibandingkan dengan mobil jaman sekarang. Namun yang menarik adalah transmisinya yang automatic dan perpindahan penggeraknya dilakukan secara elektris yakni 2WD, 4WD dan 4WDL. Oh ya mobil ini hanya ditawarkan dengan 2 warna saja yaitu hitam dan putih dengan harga Rp.285 juta sudah on the road. Anda tertarik? lupakan saja bosque… karena mobil ini hanya diimpor sebanyak 88 unit dan sebelum berita ini turun semua unit sudah ludes terjual. SIS menyatakan tidak akan membuat gelombang impor kedua walaupun calon pembeli yang tertarik sudah 300 orang. Jadi ini ceritanya limited edition gan… selamat anda sudah di troll Suzuki…

Baca juga artikel menarik lainnya mas bro :