Suzuki Siapkan Sportbike 250 cc Yang Layak Tanding Dengan R25 dan CBR250RR

MotoKARS.com – Mendengar judul berita ini pasti pemirsa ada saja yang heran, haah? Sportbike 250 cc bukannya Suzuki GSX250R min? kan baru saja kemarin diluncurkannya. Justru itulah yang jadi masalahnya, meski motor ini berfairing namun motor ini dinamai GSX250R. Apabila pemerhati Suzuki pasti paham dengan kode seperti ini, so GSX-series sendiri mempunyai beberapa tipe, contohnya penamaan tipe GSX saja… ada yang GSX250 kalau kita familiar itulah nama Thunder 250. Kalau di Sportbike kita mengenal dengan tipe GSX-R, kalau di Indonesia kita kenalnya GSX-R150 yang head to head dengan CBR150R dan R15. Lalu ada pula tipe GSX-S yaitu purwarupa naked dengan mesin pure sport seperti GSX-S1000 atau GSX-S150 berharga 24 jutaan itu.

Lalu bagaimana dengan GSX250R, spesies apakah itu? Seperti yang sudah kita tahu bahwa GSX250R ini mempunyai mesin Inazuma yang masih punya darah dari Thunder 250. Mesin ini tidak menawarkan sensasi hi-rpm seperti sportbike namun ini adalah mesin touring yang mempunyai torsi rendah berisi nan halus. Jadi bisa dibilang GSX250R ini masih serupa dengan Thunder 250 lawas maupun Inazuma 250 yang sifatnya touring bike. Namun imbuhan R di belakang menandakan motor ini berfairing saja, jadi GSX250R diterjemahkan Suzuki sebagai Sport Touring Bike. Bahkan di Amerika Serikat saja motor ini dijual dengan nama yang tidak asing di telinga kita, “Suzuki GSX250R Katana”.

Balik lagi ke persoalan kabar Suzuki menyiapkan sportbike 250 cc ini, singkat kata Suzuki memang mengakui bahwa GSX250R bukanlah motor untuk dilawan dengan Kawasaki Ninja 250, Yamaha R25 dan Honda CBR250RR. Oleh karena itu berdasarkan berita dari Otomotif.net, kami mendapat kabar bahwa Suzuki akan mempersiapkan Sportbike 250cc yang sepadan dengan three musketeers itu. “Ya kami tentu akan masuk pasar itu, tapi masih dalam tahap persiapan,” kata Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Dept. Head PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS), ketika ditemui Jumat (11/8) di GIIAS 2017.

Awalnya diduga motor 250 cc yang dimaksud adalah Suzuki GSX250R namun pak Yohan berbalik tanya, “Model itu cocok tidak untuk pasar Indonesia?”. Hal ini praktis menjawab pertanyaan fansboy Suzuki akankan GSX250R masuk ke Indonesia apa tidak. Yah mungkin susah ya membuat konsumen tertarik dengan sport touring ini sebab ya balik lagi ini adalah motor berfairing dengan mesin Inazuma yang mengandalkan torsi dibanding powernya yang inferior. Model pun tergolong biasa, tidak ada kesan waw seperti GSX-R150 bahkan, apalagi harganya mau ditaruh dimana? Bila dijual di Indonesia admin pun pesimis motor ini diberi harga yang lebih murah dibanding motor 250 cc lain.

Pak Yohan mencoba menggambarkan motor yang diharapkan muncul akan membawa karakter yang seperti apa. “Tentu didevelop sesuai dengan pasar sini, karena Suzuki terkenal dengan performanya mulai dari RGR sampai sekarang GSX-R150,” terangnya. Coba kita ingat spek GSX-R150 yang tidak mengecewakan dibanding kompetitornya. So bolehlah kita berharap kalaupun namanya Suzuki GSX-R250 nanti, akan menggunakan mesin 250cc, 2-silinder, DOHC, 8 katup, pendingin air dengan output 30-40 hp seperti kompetitornya.

Clue yang didapat dari pak Yohan Yahya adalah Suzuki Indonesia mempunyai peluang untuk mengembangkan basis 250 cc, sehingga apabila diproduksi di Indonesia diharapkan mendapat harga yang kompetitif. Sehingga Suzuki GSX-R250 diproduksi lokal bukanlah hal yang mustahil. Saat ditanya kira-kira kapan waktu terbaik untuk membuka selubung sportbike 250 cc Suzuki, pak Yohan hanya berkata kalau kondisi pasar Indonesia membaik dan keputusan dari pusat. Ah, jangan tunggu lama lama lagi pak, Fansboy logo S masih banyak kok yang rindu kiprah sang logo S.

Baca juga artikel menarik lainnya mas bro :

  • Raka Harjuna Mc Kromo

    Nungguin trail pengganti TS