Tamburini T12 Massimo, Motor Seharga Rp.4 Miliar Dengan Jantung BMW

tamburini-t12-massimo-2016-superbikes-cornering

MotoKARS.com – Selama ini kita mungkin hanya terpaku dengan merk BMW dan MV Agusta, sebuah brand motor mewah dengan harga yang bisa dibilang cukup “hedon”. Tapi untuk kategori motor yang benar benar spesial, bisa dibilang Tamburini T12 Massimo berhasil mendapatkannya. Seperti judul diatas memang harga motor ini bisa dibilang lebih dari hedon dan yang membeli tentu saja pantas mendapat julukan “sultan”.

mv-agusta-thanks-to-massimo-tamburini

Tapi kenapa harga motor ini bisa sefantastis itu? Boleh kita tarik ke belakang siapa dalang di balik motor ini, orang tersebut bernama Massimo Tamburini. Beliau adalah desainer motor kenamaan asal Italia dan dengan tangan dinginnya beliau sudah merealisasikan Ducati 916, MV Agusta F4, MV Agusta Brutale dan masih banyak lagi. Dia pula yang ikut menjadi bagian dari berdirinya Bimota, dimana merk ini adalah gabungan nama dari Bianchi, Morri dan Tamburini.

tamburini-t12-massimo-2016-superbikes-side

Beliau wafat pada 3 April 2014, ya tahun lalu, dan sebelum wafat beliau memang merancang salah satu motor yang belum terealisasikan. Demi penghormatan pada almarhum maka keluarga Tamburini mewujudkan rancangannya dan seperti yang pemirsa saksikan inilah Tamburini T12 Massimo. Motor ini memang tidak menawarkan sesuatu yang canggih, tidak memakai listrik seperti Zero, tidak memakai supercharger seperti H2 tapi menawarkan sensasi pure Italian Tune dengan sentuhan kualitas mewah. Mulai dari frame, modifikasi mesin, desain bodi dan bentuk knalpot yang sesuai pesanan memang diset langsung dari Massimo Tamburini saat hidupnya.

tamburini-t12-massimo-2016-superbikes-signature

Motor ini dilengkapi dengan sasis tralis tubular super ringan dikombinasikan dengan headstock berbahan cast magnesium, plus velg berbahan magnesium dengan proses forged. Selain itu suspensi depan belakang dipercayakan pada Ohlins dengan pengereman dipercayakan pada Brembo. Untuk sistem kelistrikan yang meracik adalah MoTeC dan perihal mesin selera Massimo cukup bagus dengan mengambil basis BMW S1000RR. Power motor ini kembali dioprek dengan sensasi italian tune sehingga tenaga 230 hp berhasil dibangkitkan. Lebih lebih berat badannya hanya 154,5 kg, artinya lebih ringan dibandingkan motor MotoGP yang umumnya berkisar di angka 160 kg.

tamburini-t12-massimo-2016-superbikes-front

Dengan segala piranti dan racikan ganas ditambah dengan harga yang selangit nampaknya sayang bila motor ini harus keluar kandang. Bahkan motor ini sebenarnya diperuntukkan track only sehingga sang “sultan” tidak bisa memakainya buat jalan jalan sore apalagi sunmori-an. Namun motor ini memang punya cita rasa yang nyentrik apalagi dibuat berdasarkan garis tangan sang legenda desainer sportbike Massimo Tamburini. Bagaimana menurut pemirsah? Mungkin andakah salah satu “sultan” yang ingin membelinya?

Baca juga artikel yang lainnya :