Wih, TVS Apache RTR 200 4V Launching Dengan Ubahan Total dan Sudah Injeksi!

TVS-Apache-RTR-200-4V-launching-di-indonesia-cover

MotoKARS.com – Setelah lama tidak terdengar gaungnya di tanah air, rupa-rupanya bukan menjadi alasan untuk hiatus produksi seperti Minerva. TVS pun melancarkan serangan dengan mengeluarkan generasi kedua flagship mereka TVS Apache 200 4V di sirkuit Sentul hari ini. Sepertinya TVS ingin memberi pesan dengan membuat tempat launching di Sentul : tentu saja memberi kesan motor sport dengan karakter buas.

TVS-Apache-RTR-200-4V-launching-sentul-front

Sebelumnya admin sudah pernah merasakan impresi TVS Apache RTR 180 dari adik admin Cobaltriz, secara impresi sebenarnya motor ini cukup bagus. Detailnya cukup apik meski tidak bisa dibilang “best” sih, secara finising admin cukup mengapresiasi karena catnya digarap telaten. Selain itu mesin dari 180 cc nya memang masih berpendingin udara dan 2 klep namun memang galak seperti di iklan. Hanya saja sih vibrasi motor ini gak karuan, selevel lah dengan Megapro dan Tiger ahaha….

TVS-Apache-RTR-200-4V-launching-sentul-bodi-tangki

Balik lagi ke TVS Apache RTR 200 4V… walaupun update yang diberikan TVS di Apache terbaru ini tidak seekstrim Bajaj pada Pulsar, namun kita cukup apresiasi karena ada beberapa detail yang mereka garap niat. Pertama dari segi desain mereka coba hadirkan karater TVS Draken Concept melalui shroud dan buntut plus jok split seatnya. Bicara fitur TVS Apache RTR 200 4V, Headlamp masih menggunakan bohlam jenis halogen H4 namun dilengkapi sejenis LED DRL disamping yang eksotik sedangkan bagian buntut ada behel tanduk dan stoplamp LED.

TVS-Apache-RTR-200-4V-mystic-white-warna-putih

TVS-Apache-RTR-200-4V-syrah-red-warna-merah

TVS-Apache-RTR-200-4V-gunmetal-black-hitam

Secara sasis memang masih menganut diamond namun untuk peredaman suspensi mereka akhirnya menggunakan monoshock, sehingga keempukannya bisa lebih dijamin lah. Melirik kaki kaki, tentu gambot adalah suatu keharusan… Apache dibekali profil velg lebar dengan ban depan 90/90 dan ban belakang 130/70 dan ajibnya ban yang digunakan adalah Pirelli Sport Daemon! gile yah… Untuk instrumen pengemudi, Apache menawarkan stang jepit ala touring seperti Pulsar dengan speedometer full digital.

TVS-Apache-RTR-200-4V-launching-sentul-speedometer

TVS-Apache-RTR-200-4V-speedometer

Nah main topic tentu soal mesin, secara fisik memang kesannya seperti nggak ada yang berubah namun tentu saja membaca spek jelas terlihat bedanya. Pertama mesin yang digunakan berkapasitas 200 cc SOHC dengan 4 katup oil cooler dan sudah injeksi BOSCH. Mesin ini dapat mengkail tenaga hingga 21 hp @ 9000 RPM dan 17.5 Nm @ 7000 RPM. Dibandingkan dengan spek motorsport 150 cc jepang perbedaannya memang cukup jauh apalagi soal torsi, hanya saja Apache lebih berat 12,5 kg dibanding motorsport 150 cc alias 148,5 kg. Biasa… kalo soal sasis motor, india memang gila soal besi.

spesifikasi-tvs-apache-rtr-200-4v

Pilihan warna TVS Apache RTR 200 4V ada 3 macam warna doff : Syrah Red, Mystic White dan Gunmetal Black. Nah bagaimana dengan banderolnya? Harga TVS Apache RTR 200 4V dibuka di Rp. 23.900.000 OTR Jakarta. Untuk 200 pembeli pertama akan mendapatkan bonus yang mantap berupa Jaket Respiro Velocity dan Helm KYT, joss bener gaes… Gimana pemirsa? boleh deh kasih komentar di bawah ini.

  • Tary Safari

    ajib guys harga dengan spec. seperti ini sangat bernilai sekali, ayo beli wrna merah nya keren banget